Pertamina EP Zona 7 Temukan 4 Sumur Migas Baru, Siap Produksi di 2024
Setiap tahun ada tambahan sumur baru di Lapangan Akasia Bagus Pertamina EP Zona 7 di Jatibarang Field, Indramayu. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pertamina EP menemukan dua sumur baru di Indramayu dan Bekasi. Foto: Pertamina EP
Pertamina EP menemukan dua sumur baru di Indramayu dan Bekasi. Foto: Pertamina EP

PT Pertamina EP (PEP) Zona 7 terus menggenjot produksi migas. Setelah berhasil menemukan satu sumur migas East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, PEP Zona 7 memastikan ada 4 sumur baru yang akan mulai berproduksi pada tahun depan.

“Saat ini ada 22 sumur, ditambah temuan baru kemarin jadi 23 sumur migas. Tahun depan ada tambahan lagi 4 sumur migas. Jadi total di 2024 ada 27 sumur di PEP Zona 7,” kata General Manager PEP Zona 7, Afwan Daroni, di Fasilitas Produksi Stasiun Pengumpul Akasia Bagus (SP ABG) PEP Zona 7, Jatibarang Field, Indramayu, Selasa (19/12).

Menurut Afwan, setiap tahun memang ada tambahan baru sumur migas di wilayah Akasia Bagus. “Memang terus ada tambahan temuan sumur migas di Lapangan Akasia Bagus di Jatibarang Field,” ujarnya.

Adapun sebelumnya Pertama EP menemukan sumur migas di Indramayu dilakukan melalui Uji Alir Produksi (Drill Stem Test/DST) sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas mencapai 2,08 MMSCFD dan kondensat setara 15,05 BCPD.

Sumur EAC-001 ditajak pada 4 September 2023 dengan objektif utama di Reservoir Batupasir konglomeratik Formasi Jatibarang dan Reservoir batugamping Formasi Upper Cibulakan, yang merupakan proven play atau konsep yang menghasilkan hidrokarbon di Lapangan Jatibarang dan Akasia Prima, Sub-Cekungan Jatibarang. Pengeboran ini mencapai kedalaman akhir di 2520 mMD.

Rig dinyatakan release dari Sumur EAC-001 pada tanggal 28 November 2023 dengan total realisasi hari operasi sebanyak 85 hari serta keberhasilan secara operasional ini juga tercermin dengan penerapan Budaya HSSE yang tinggi dengan capaian 155.016 jam kerja selamat.

Selain satu sumur baru yang sudah ditajak di Jatibarang Field, Pertamina EP juga menemukan satu sumur baru lainnya di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tepatnya di PEP lapangan Tambun.

Pengeboran sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN)-001 yang ditajak pada 18 Agustus 2023, menyasar target reservoir Carbonate Formasi Lower Cibulakan berhasil mengalirkan minyak dan gas pada DST kedua dengan rate minyak sebesar 402 BOPD dan rate gas mencapai 1,09 MMSCFD di kedalaman 2.590 mMD.

Dalam kesempatan terpisah, VP Explorations Pertamina EP, Indra Yuliandri, potensi Jawa Barat Utara untuk onshore masih cukup menjanjikan. Menurut dia, sumur migas di wilayah Jabar Utara dinilai sudah mature, bahkan over mature karena sudah diproduksi sejak zaman Belanja.

“Padahal potensinya masih ada. Berdasarkan evaluasi eksplorasi, di cekungan Jabar Utara masif dan agresif. Khusus Bekasi dengan penemuan EPN ini kita bisa temukan play-play yang sama,” ujarnya.

Pertamina EP menemukan dua sumur baru di Indramayu dan Bekasi. Foto: Pertamina EP
Pertamina EP menemukan dua sumur baru di Indramayu dan Bekasi. Foto: Pertamina EP

Sementara Direktur Utama Pertamina EP, Wisnu Hindadari, mengatakan wilayah Jawa Barat memiliki potensi migas yang cukup menjanjikan. Setidaknya, ada tiga wilayah di Jawa Barat yang punya potensi migas, yakni Bekasi, Subang, dan Indramayu.

"Wilayah Jawa Barat, seperti Bekasi memang memiliki potensi migas. Cadangannya masih ada," kata Wisnu.

Wisnu mengatakan temuan baru lapangan migas tersebut sebagai bentuk upaya Pertamina EP untuk menjaga dan mendorong pengeboran eksplorasi, sehingga Reserve to Production Ratio di Regional Jawa bisa tetap terjaga.

Adapun temuan cadangan migas di Bekasi dan Indramayu ini menjadi bagian penting dari program pemerintah di sektor energi nasional untuk mencapai target produksi gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) dan produksi minyak 1 juta barel per hari pada tahun 2030.

Selama periode Januari hingga akhir November 2023, Pertamina EP tercatat telah menyumbang produksi minyak bumi nasional sebesar 69.624 BOPD, dan gas bumi sebesar 838,6 MMSCFD.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/pertamina-ep-zona-7-temukan-4-sumur-migas-baru-siap-produksi-di-2024-21niiftQuDb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations