PLN Lakukan Pemeliharaan Pembangkit Listrik di Pulau Sangihe
Oleh Manado Bacirita
Jaringan listrik rusak usai dihantam cuaca buruk di Kabupaten Kepulauan Sangihe beberapa waktu lalu.
Jaringan listrik rusak usai dihantam cuaca buruk di Kabupaten Kepulauan Sangihe beberapa waktu lalu.

TAHUNA - Menjadi unit operasional PLN di pulau terluar Indonesia, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Tahuna, memiliki tantangan sendiri untuk menghadirkan listrik yang andal bagi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Untuk menjaga agar suplai listrik bisa sustainable dan minim gangguan, maka PLN UP3 Tahun perlu menjaga agar mesin pembangkit yang melayani di daerah itu tetap awet dari kerusakan fatal.

Untuk itu, PLN UP3 Tahuna melaksanakan pemeliharaan mesin pembangkit secara rutin guna meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Kepulauan Sangihe. Konsekuensinya tentu ada gangguan yang terjadi selama pekerjaan tersebut.

Manager PLN UP3 Tahuna, Muhammad Taufik, menyampaikan permohonan maaf karena suplai listrik yang terhenti sementara karena pelaksanaan pemeliharaan pada mesin pembangkit.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk penghentian aliran listrik yang terjadi. Saat ini upaya penormalan dan peningkatan keandalan terus kami lakukan, serta beberapa pekerjaan pemeliharaan sudah dilaksanakan,” kata Taufik.

Ia pun menyampaikan dampak positif dari pekerjaan pemeliharaan yang dilaksanakan ini dapat mempertahankan kemampuan mesin pembangkit yang ada untuk terus melayani kelistrikan Kepulauan Sangihe dalam waktu yang lama.

Dikatakan Taufik, pihak PLN juga telah mengunjungi sejumlah stakeholder untuk memberikan informasi terkait program peningkatan keandalan kelistrikan PLN.

Koordinasi dilakukan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Dhana Ananda Syahputra, Komandan Kodim 1301/Sangihe, Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe, Eri Yudianto.

Dukungan mengalir dari sejumlah pihak itu. Mereka menilai peningkatan yang dilakukan demi kepentingan bersama ke depannya. Para pimpinan tersebut mengatakan siap mendukung upaya pembangunan yang dilakukan.

"Harapannya kolaborasi dan koordinasi yang baik seperti sekarang bisa terus terjaga," ujar para pemimpin lembaga negara di Sangihe saat dikunjungi oleh PLN.

Saat ditemui terpisah, Pejabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian PLN dalam meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di Sangihe.

“Penggerak ekonomi masyarakat salah satunya adalah listrik, Pemkab Sangihe berharap kondisi kelistrikan dapat terjaga, sehingga aktivitas ekonomi masyarakat terus berjalan dengan baik,” kata Rinny.

"Kami mendukung penuh setiap pekerjaan PLN, termasuk pemotongan pohon yang sudah menyentuh jaringan listrik. Pihak Pemerintah Daerah pun akan melakukan sosialisasi mandiri kepada masyarakat terkait pembersihan ranting pohon yang berpotensi menyebabkan gangguan listrik, ini untuk kepentingan dan keselamatan masyarakat,” katanya menambahkan.

manadobacirita

https://kumparan.com/manadobacirita/pln-lakukan-pemeliharaan-pembangkit-listrik-di-pulau-sangihe-215pBG4GyxQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations