Polling kumparan: 74,78% Pembaca Pilih di Rumah Aja saat Libur Nataru
Sebanyak 74,78 persen pembaca kumparan pilih di rumah aja saat libur nataru. Angka ini merupakan hasil polling kumparan yang beredar. #newsupdate #news #update #text
Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Sebanyak 74,78 persen pembaca kumparan memilih di rumah aja saat libur nataru. Angka ini merupakan hasil polling kumparan yang beredar pada 19 sampai 26 Desember 2023.

Total ada sebanyak 2.764 responden yang menjawab polling ini. Sebanyak 2.067 orang memilih di rumah aja saat libur nataru. Ini berarti, hanya ada 697 orang atau 25,22 persen yang mudik di saat libur Nataru.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut puncak arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru akan terjadi pada 23–24 Desember.

Hal itu disampaikannya saat membuka Posko Nasional Penyelenggaraan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Selasa (19/12). Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kepolisian, Basarnas, operator transportasi, dan lainnya.

"Tentu ramp check jadi satu hal yang penting, udara, kereta api, laut, dan darat harus juga melakukan, karena kita masih punya waktu beberapa hari sampai menuju puncak di tanggal 23 dan 24 [Desember]," ujar Budi dalam paparannya.

Ia juga menyebut bahwa jumlah pemudik pada libur Nataru diprediksi meningkat dibanding tahun lalu, yakni sekitar 107 juta orang.

Menurut hasil survei yang sama, diungkapkan bahwa alasan masyarakat bepergian di masa libur Nataru yang paling tertinggi adalah liburan ke lokasi wisata (45,29 persen). Kemudian liburan pulang kampung (30,15 persen), dan merayakan Nataru di kampung halaman (18,98 persen).

Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sejumlah penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/12/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Hingga hari natal 25 Desember 2023, bandara-bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II melaporkan sebanyak 20 bandara kelolaan AP II mengalami peningkatan pergerakan penumpang sebesar mencapai 1,99 juta.

Jumlah ini meningkat sekitar 12 persen, jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 1,78 juta. Sementara, untuk pergerakan pesawat tercatat 14.120 penerbangan, atau naik 2 persen dari sebelumnya 13.777 penerbangan.

"Berkat kolaborasi yang baik di antara seluruh pihak, bandara-bandara AP II mampu melayani perjalanan masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru. Dalam delapan hari pelaksanaan angkutan Nataru, bandara-bandara AP II secara kumulatif telah melayani nyaris 2 juta orang penumpang pesawat, tepatnya 1,99 juta orang," ujar Plt. Direktur Utama AP II Wendo Asrul Rose, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan.

Hai Wang Restaurant di Hotel Resinda Karawang. Foto: Hotel Resinda Karawang
Hai Wang Restaurant di Hotel Resinda Karawang. Foto: Hotel Resinda Karawang

Selain itu, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat (Jabar) mencatat tingkat keterisian hotel di Jabar sudah mencapai angka 80 hingga 85 persen dalam rangka menyambut natal dan momen pergantian tahun 2024.

Ketua PHRI Jabar, Herman Muchtar mengatakan, angka okupansi itu sudah sesuai target. "Kalau untuk Nataru kita menargetkan rata-rata 80 sampai 85 persen," kata dia ketika dikonfirmasi pada Selasa (26/12).

Herman menyebut ada sejumlah wilayah dengan tingkat keterisian yang tinggi yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, Kota Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

"Pangandaran, Kabupaten Bogor, daerah Bandung Barat, Garut, Cirebon yang okupansi tinggi," ucap dia.ri

https://kumparan.com/kumparannews/polling-kumparan-74-78-pembaca-pilih-di-rumah-aja-saat-libur-nataru-21qnDmzp6Oq

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations