Poltekpar Palembang Capai Target 30 Persen Lulusannya Berwirausaha
Oleh Urban Id
Para mahasiswa Poltekpar Palembang saat mengikuti Wisuda ke-4 , Foto : Humas Poltekpar Palembang
Para mahasiswa Poltekpar Palembang saat mengikuti Wisuda ke-4 , Foto : Humas Poltekpar Palembang

Sebanyak 250 orang mahasiswa Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang mengikuti Wisuda ke-4 yang digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Selasa (17/10). Pelaksanaan wisuda yang digelar Poltekpar Palembang kali ini sangat berbeda dengan budaya kelulusan mahasiswa pada umumnya.

Direktur Poltekpar Palembang, Anwari Masatip mengatakan, wisuda Poltekpar Palembang mengangkat tema Pergerakan Insan pariwisata Kreatif, Inovatif, dan Inspiratif melalui Gelanggang Semangat Pemenang Menuju Indonesia Emas. Tema itu untuk menegaskan bahwa Poltekpar Palembang ingin berfokus pada sport tourism.

“Sebuah inisiasi baru acara wisuda diselenggarakan di GSJ dalam rangka mendukung Centre of Excellent dan sebagai bukti dukungan Poltekpar Palembang kepada semangat Sumatra Selatan di bidang olahraga. Panitianya pun mengenakan jersey sepak bola,” kata Anwari.

Ia menjelaskan, lulusan yang diwisuda berjumlah 250 orang. Terdiri dari 77 mahasiswa Program Studi (Prodi) Seni Kuliner, Divisi Kamar 76 orang, Tata Hidang 54 orang, dan Program Diploma IV Prodi Pengelolaan Konvensi dan Acara sebanyak 42 orang.

“Setelah lulus mereka akan dibekali Sertifikat Profesi Kompetensi sesuai bidang keahliannya masing-masing. Diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam memajukan kampus agar lebih dikenal dan diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional,” terangnya.

Anwari menyebut, Poltekpar Palembang telah berhasil mendapat Akreditasi Institusi dengan predikat Baik Sekali. Juga telah mendapatkan Sertifikat ISO 20001, APIEM, dan Sertifikat SPMI. Poltekpar Palembang juga katanya telah menerapkan kurikulum ASEAN MRA-TP.

“Poltekpar Palembang telah mengusahakan peningkatan kompetensi para pendidik. Sebanyak tujuh dosen sedang menempuh pendidikan S3, dan 31 tenaga pendidikan melanjutkan program pendidikan S2,” tukasnya

Ia menyebut, sesuai harapan Menparekraf Sandiaga Uno, Poltekpar telah mampu mencapai 30 persen lulusannya berwirausaha. Hal itu, lanjutnya, ikut membantu program pemerintah dalam membuka peluang kerja.

"Saya berharap lulusan Poltekpar Palembang tidak bergantung pada mencari kerja di perusahaan, tap bisa menciptakan peluang usaha.

Kepala Pusat Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Faisal mengatakan, sesuai arahan Menparekraf Sandiaga Uno, kegiatan wisuda yang dilakukan Poltekpar diminta untuk keluar dari kebiasaan. Sehingga, Poltekpar Palembang menggelarnya di GSJ yang merupakan salah satu ikon Sumsel.

"Sebelumnya, di Lombok dilaksanakan wisuda di Sirkuit Mandalika," bebernya. Ia berharap, lulusan Poltekpar Palembang mampu menjawab tantangan dengan menghadirkan gagasan, inovasi dan kreativitas.

"Kita terus mendorong agar Poltekpar bisa memenuhi target 30 persen ekosistem kewirausahaan. Mas Menteri juga menyampaikan agar hal itu. Kita minta Poltekpar Palembang bisa menjadi role model untuk memghasilkan wirausaja muda dan mandiri," tukasnya.

https://kumparan.com/urbanid/poltekpar-palembang-capai-target-30-persen-lulusannya-berwirausaha-21OnQxXl7St

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations