Poltekpar Palembang Terima 400 Mahasiswa untuk SBM 2024-2025
Oleh Urban Id
Para mahasiswa di Poltekpar Palembang, Foto : Poltekpar Palembang
Para mahasiswa di Poltekpar Palembang, Foto : Poltekpar Palembang

Memasuki tahun akademik 2024-2025, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Palembang menyediakan kuota 400 mahasiswa baru pada pendaftaran Seleksi Bersama Masuk (SBM).

Direktur Poltekpar Palembang, Iwan Riady, menyebutkan 400 mahasiswa baru akan ditempatkan ke dalam empat program studi (Prodi) yang tersedia di kampus tersebut.

"Kita memiliki program studi Tata Hidang, Divisi Kamar, dan Seni Kuliner, yang kesemuanya berada di tingkat Diploma III. Selain itu, terdapat juga program studi Pengelolaan Konvensi dan Acara, yang berada di tingkat Diploma IV," ungkap Iwan.

Iwan menjelaskan bahwa program studi Tata Hidang fokus pada pembelajaran tentang pembuatan minuman dan layanan restoran, termasuk keterampilan menjadi seorang barista.

"Sementara itu, program studi Seni Kuliner difokuskan pada pembelajaran tentang teknik memasak dan pengolahan makanan, " kata dia.

Selanjutnya, program studi Divisi Kamar menawarkan pembelajaran mengenai kompetensi di bidang perhotelan, mulai dari tugas front office, laundry, hingga pelayanan kamar.

"Adapun program studi Pengelolaan Konvensi dan Acara mengajarkan mahasiswa tentang perencanaan acara MICE, yang mencakup Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (pameran). Semua aspek terkait dengan pengaturan suara dan pencahayaan juga dipelajari secara mendalam," jelasnya.

Dengan beragam program studi yang ditawarkan, Poltekpar Palembang memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di berbagai bidang pariwisata dan perhotelan.

"Prospek kerja yang luas dan peluang karir yang menjanjikan di sektor pariwisata menjadi daya tarik utama bagi para calon mahasiswa yang ingin bergabung dengan institusi ini, " kata dia.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah membuka secara resmi pendaftaran Seleksi Bersama Masuk (SBM) Poltekpar untuk tahun ajaran 2024-2025 guna menjaring calon sumber daya manusia (SDM) pariwisata terbaik.

"Saya sekali lagi mengajak para calon peserta pendaftaran Poltekpar ini untuk betul-betul mempertimbangkan, karena ini adalah jalur untuk mencapai kesuksesan. Ingin mendapatkan pekerjaan atau berwirausaha? Kuliahnya di Poltekpar Aja!" kata Menparekraf Sandiaga," kata Menparekaf Sandiaga dalam acara peluncuran SBM Poltekpar 2024-2025, Senin 26 Februari 2024 di acara The Weekly Brief With Sandi Uno.

Sementara itu, Ketua PMB Poltekpar TA 2024-2025 yang juga Direktur Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja, mengatakan seleksi bersama masuk Poltekpar ini merupakan satu dari dua jalur penerimaan mahasiswa baru Poltekpar.

"Selain seleksi bersama, enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf/Baparekraf yakni Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang, Poltekpar NHI Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Lombok, dan Poltekpar Makassar juga akan melakukan seleksi masuk mandiri yang dijadwalkan oleh masing-masing Poltekpar, "kata dia.

Pertama adalah tes skolastik dan Literasi yang akan dilaksanakan pada 20 Mei 2024. Kemudian dilanjutkan dengan tes wawancara pada 6-7 Juni 2024, tes kesehatan pada 10 Juni 2024.

"Untuk pendaftaran SBM ini kita lakukan mulai hari ini tanggal 26 Februari 2024 sampai tanggal 4 Mei 2024," kata Puja.

https://kumparan.com/urbanid/poltekpar-palembang-terima-400-mahasiswa-untuk-sbm-2024-2025-22FCwM1I3Fz

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations