Populer: Daftar Belanja Kemhan Rp 693 T di Era Prabowo; Limit Transaksi BCA Naik
Kementerian Pertahanan di era Prabowo Subianto dapat anggaran paling besar selama 5 tahun. Di sisi lain, BCA naikkan limit transaksi. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mencoba senjata saat kunjungan kerja ke PT PINDAD di Bandung.  Foto: Dok. Kementerian Pertahanan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kanan) mencoba senjata saat kunjungan kerja ke PT PINDAD di Bandung. Foto: Dok. Kementerian Pertahanan

Memasuki tahun kelima Prabowo Subianto menjadi menteri, Kementerian Pertahanan (Kemhan) mendapatkan anggaran sebesar Rp 693 triliun. Berita paling populer di kumparanBisnis sepanjang Sabtu (6/1).

Selain itu, berita mengenai PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) atau BCA meningkatkan limit transaksi harian pada hampir semua jenis kartu debit nasabah per 19 Januari 2024 juga ramai dibaca publik. Berikut rangkumannya.

5 Tahun Dipimpin Prabowo, Kemhan Belanja Apa Saja?

Dalam APBN 2024, Kemhan mendapatkan anggaran senilai Rp 139,27 triliun, atau kedua yang paling besar di bawah Kementerian PUPR yang dapat Rp 147,37 triliun. Bahkan pada 2022, anggaran Kementerian Pertahanan mencapai Rp 134 triliun dan tercatat jadi yang tertinggi.

Anggaran Kementerian Pertahanan tersebut, tak seluruhnya digunakan untuk belanja atau Modernisasi Alutsista (alat utama sistem senjata). Pada APBN 2024 misalnya, alokasi untuk alutsista sebesar Rp 43,02 triliun. Secara nominal merupakan yang terbesar kedua setelah alokasi untuk Dukungan Manajemen sebesar Rp 77,57 triliun.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan penyiraman ke hidung pesawat NC-212i saat serah terima pesawat terbang NC-212i untuk TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan penyiraman ke hidung pesawat NC-212i saat serah terima pesawat terbang NC-212i untuk TNI AU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO

Alokasi anggaran Kemhan lainnya di 2024 adalah untuk:

  • Kesejahteraan Prajurit Rp 12,37 triliun;

  • Pelaksanaan Tugas TNI Rp 4,04 triliun;

  • Riset, industri, dan pendidikan Rp 1,65 triliun;

  • Pembinaan Sumber Daya Rp 597,4 miliar;

  • Kebijakan dan Regulasi Rp 24,7 miliar.

Peneliti Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia, Beni Sukadis mengatakan belanja negara berupa alutsista merupakan investasi jangka panjang, yang ke depan juga akan dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Makanya belanja alutsista sebenarnya merupakan investasi masa depan demi kepentingan nasional kita, terutama dalam menjaga sumber daya alam di wilayah maritim yang seyogya bisa dikelola sendiri untuk kesejahtraan masyarakat Indonesia," kata Beni kepada kumparan, Sabtu (6/1).

BCA Naikkan Limit Transaksi, Bisa Transfer hingga Rp 100 Juta Per Hari

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn mengatakan, kenaikan limit transaksi harian dapat dinikmati nasabah pemilik kartu Tahapan Xpresi BCA, Debit BCA Silver/Blue, Platinum, dan Gold serta Tapres dan BCA Dollar.

Menurutnya, peningkatan layanan ini berlaku untuk berbagai jenis transaksi, seperti tarik tunai, transfer antar rekening BCA, transfer antar bank, dan transaksi debit.

ATM BCA (Ilustrasi) Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
ATM BCA (Ilustrasi) Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan

“Kenaikan limit transaksi harian ini kami lakukan seiring meningkatnya kebutuhan nasabah terhadap berbagai macam layanan transaksi. Kini, nasabah tak perlu khawatir apabila hendak bertransaksi dalam nilai lebih besar menggunakan berbagai jenis kartu debit BCA,” kata Hera dalam keterangannya pada Sabtu (6/10).

Lebih rinci, pemilik kartu Tahapan Xpresi BCA dapat melakukan transaksi tarik tunai hingga Rp 10 juta per hari, dari sebelumnya Rp7 juta per hari. Sementara, pengguna kartu ini juga dapat melakukan transfer sesama rekening BCA hingga Rp 50 juta per hari, dari semula Rp 25 juta per hari.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/populer-daftar-belanja-kemhan-rp-693-t-di-era-prabowo-limit-transaksi-bca-naik-21v0ZyJHRVs

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations