Populer: Jokowi Larang TikTok Shop; Permintaan Luhut ke Faisal Basri soal Nikel
Jokowi melarang TikTok Shop hingga permintaan Luhut agar ekonom Faisal Basri da tak ungkap Luhut tak keberatan larangan ekspor nikel. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Jokowi berkunjung ke sebuah mall besar di kawasan Kuta, Bali, saat membeli oleh-oleh mainan untuk cucunya. Foto: Agus Suparto/Presidential Palace
Jokowi berkunjung ke sebuah mall besar di kawasan Kuta, Bali, saat membeli oleh-oleh mainan untuk cucunya. Foto: Agus Suparto/Presidential Palace

Presiden Jokowi memastikan pemerintah melarang transaksi jual beli melalui TikTok Shop. Ini menjadi berita paling banyak dibaca pada Senin (24/9).

Selain itu, ada kabar soal Ekonom Senior INDEF, Faisal Basri, menyebut Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan meminta dirinya tak mengungkap jika Luhut keberatan atas larangan ekspor nikel. Berikut rangkuman berita populer di kumparanBisnis.

Jokowi Larang TikTok Shop

Presiden Jokowi melarang Social Commerce, seperti TikTok Shop untuk melakukan transaksi. Jokowi mengungkapkan, beleid mengenai hal itu telah siap untuk diteken dan diterbitkan.

"Tadi baru saja kita ratas memutuskan mengenai sosial media yang digunakan untuk e-commerce. Besok mungkin (aturan) keluar," ujar Jokowi saat membuka acara Kongres XXV PWI, Senin (25/9).

Adapun aturan yang dimaksud merupakan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

"Karena dampaknya sangat dahsyat sekali. Kita terlambat beberapa bulan saja efeknya sudah ke mana-mana," ujar Jokowi.

Adanya perubahan regulasi ini, terutama dilakukan dengan tujuan melindungi UMKM. "Payung besar regulasi tentang transformasi digital memang harus dibuat dengan lebih holistik, payungnya industri kreatif harus dipayungi, UMKM kita harus dipayungi dari terjangan dunia digital ini, ini yang sedang dikerjakan pemerintah," tuturnya.

Permintaan Luhut ke Faisal Basri soal Ekspor Nikel

Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berjalan bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) sebelum uji coba kereta cepat rute Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (13/9). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berjalan bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) sebelum uji coba kereta cepat rute Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu (13/9). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Diungkapkan Ekonom Senior INDEF, Faisal Basri, bahwa Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan memintanya tidak mengungkapkan bahwa Luhut sebenarnya keberatan dengan larangan ekspor nikel.

“Pak Luhut secara pribadi tidak setuju larangan ekspor itu, enggak setuju, tapi gara-gara saya bocorkan omongan itu, katanya rahasia," kata Faisal dalam publikasi kajian Aksi Ekologi dan Emansipasi Rakyat,

"Saya ketemu Pak Luhut enggak ada rahasia-rahasiaan, kita bahas adalah masalah publik, bukan persoalan keluarga Pak Luhut, saya disangka ditusuk dari belakang gitu,” sambungnya.

Faisal menegaskan, pembicaraan antara dirinya dengan Luhut tak harus dirahasiakan karena mengenai isu publik. Dia bilang, Luhut tidak setuju larangan ekspor karena harga nikel semakin mahal.

“Bagi saya enggak ada itu rahasia-rahasia dan enggak ada kita janji-janjian rahasia confidential, dia enggak setuju larangan ekspor karena niscaya larangan ekspor akan menyebabkan harga nikel mahal,” tuturnya.

Faisal menjelaskan, 73 persen produsen mobil listrik di Indonesia tidak memakai bahan baku nikel akibat harga yang mahal. Di sisi lain, inovasi baru bisa diciptakan sehingga harga mobil listrik lebih murah.

“Kalau kita buat pabrik nikel, mobil sudah enggak pakai nikel. Kita juga kelabakan, kalau China punya banyak pilihan, kalau kita enggak ada pilihan modalnya cuma nikel,” tegas Faisal.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/populer-jokowi-larang-tiktok-shop-permintaan-luhut-ke-faisal-basri-soal-nikel-21GF71JWdYc

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations