Populer: Pesta Pranikah Mewah Anak Konglomerat India; Nasib Nelayan RI Terancam
Pesta pranikah mewah anak konglomerat India hingga soal nasib nelayan RI terancam akibat putusan WTO. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Anant Ambani (kanan), putra pengusaha India Mukesh Dhirubhai Amani, dan istrinya Radhika Merchant berpose saat peresmian Pusat Kebudayaan Nita Mukesh Ambani (NMACC) di Jio World Center (JWC) di Mumbai. Foto: Sujit Jaiswal / AFP
Anant Ambani (kanan), putra pengusaha India Mukesh Dhirubhai Amani, dan istrinya Radhika Merchant berpose saat peresmian Pusat Kebudayaan Nita Mukesh Ambani (NMACC) di Jio World Center (JWC) di Mumbai. Foto: Sujit Jaiswal / AFP

Miliarder asal India, Mukesh Ambani, memulai pesta pranikah untuk anak laki-lakinya dengan super mewah. Kabar tersebut menjadi salah satu berita paling banyak dibaca sepanjang Sabtu (2/3).

Tak hanya itu, ada pula kabar tentang nasib nelayan Indonesia yang terancam. Berikut rangkuman berita populer di kumparan.

Pesta Mewah Pranikah Anak Konglomerat India

Orang terkaya ke-8 di dunia tersebut mengundang selebritas seperti Rihanna, hingga taipan-taipan dunia.

Dikutip dari Reuters, Sabtu (2/3), para undangan tersebut disewakan jet untuk para taipan dan selebritas, penampilan Rihanna, dan arahan untuk mengenakan pakaian "demam hutan" saat mengunjungi pusat penyelamatan hewan.

Begitulah cara Mukesh Ambani yang merupakan pimpinan konglomerat India Reliance dan orang terkaya di Asia dengan kekayaan bersih USD 114 miliar menurut Forbes. Saat ini, dia merupakan orang terkaya ke-8 di dunia.

Perayaan pranikah putra bungsu Mukesh, Anant Ambani, dengan Radhika Merchant dilaksanakan selama tiga hari dengan total 1.200 tamu dan berlangsung di sebuah kotapraja di Jamnagar, dekat kilang minyak Reliance di negara bagian Gujarat bagian barat.

Pernikahan itu sendiri baru dilangsungkan pada Juli 2024 mendatang, dan perayaan secara de facto dimulai pada Rabu ketika Anant dan calon istrinya mengadakan makan malam bersama untuk penduduk desa setempat yang melayani 51.000 orang.

Selain bintang Pop dan R&B Rihanna, pesulap Amerika David Blaine akan tampil dan juga akan ada upacara tradisional di kompleks kuil.

Pesta pranikah Anant kemungkinan akan dihadiri oleh Bill Gates, CEO Meta Mark Zuckerberg, sesama miliarder India Gautam Adani, dan Kumar Mangalam Birla, serta banyak pemain kriket dan bintang film Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Salman Khan.

Selain itu, CEO Disney Bob Iger juga kemungkinan akan hadir. Dia baru saja mengumumkan merger aset media India senilai USD 8,5 miliar dengan Reliance's pada Rabu.

Nasib Nelayan RI Terancam

Ilustrasi kapal nelayan lokal. Foto: Dok: KKP
Ilustrasi kapal nelayan lokal. Foto: Dok: KKP

Nasib nelayan Kecil Indonesia bergantung pada sikap pemerintah atas hasil putusan Konferensi Tingkat Menteri (KTM13) ke-13 WTO. Ini disampaikan Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI), Dani Setiawan.

Menurutnya, Perundingan WTO ke-13, khususnya terkait subsidi perikanan, akan merugikan nelayan kecil di Indonesia.

"Apalagi Indonesia dianggap sebagai negara dalam kategori upper middle income country, berpotensi tidak diperkenankan menerapkan aturan-aturan subsidi untuk perlindungan nelayan kecilnya," kata Dani kepada kumparan, Sabtu (2/3).

Dalam isu subsidi perikanan yang dibahas di WTO, terdapat tiga pilar yang menjadi sentral pembahasan. Pilar pertama adalah tentang IUU Fishing (Illegal Unreported Unregulated Fishing). Pilar kedua tentang Overfishstock, dan pilar ketiga tentang Over Capacity dan Over Fishing (OCOF).

Untuk pertama dan kedua ini sudah disepakati pada Konferensi Tingkat Menteri ke-12 WTO di Jenewa, Swiss 2022 lalu. Dalam perjanjian tersebut, Fisheries Subsidies Agreement dianggap sebagai langkah maju yang besar bagi keberlanjutan laut dengan melarang subsidi perikanan yang merugikan.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/populer-pesta-pranikah-mewah-anak-konglomerat-india-nasib-nelayan-ri-terancam-22HAMlE6udy

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations