Populer: Skema 3 in 1 untuk Atasi Polusi Udara; Pengusaha yang Diajak Luhut
Seperti apa skema 3 in 1 yang diusulkan Menhub Budi Karya untuk atasi polusi udara? Siapa nama pengusaha yang diajak Luhut bertemu Elon Musk? #bisnisupdate #update #bisnis #text
Kondisi polusi udara di Jakarta dilihat dari ketinggian pada Selasa (15/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Kondisi polusi udara di Jakarta dilihat dari ketinggian pada Selasa (15/8/2023). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengusulkan agar dibuat kebijakan warga Jabodetabek menggunakan satu mobil untuk diisi 3 sampai 4 orang. Kabar tersebut menjadi berita populer kumparanBisnis sepanjang Selasa (15/8).

Selain itu, kabar mengenai Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membawa Sehat Sutardja bertemu CEO Tesla Elon Musk juga ramai dibaca publik. Berikut rangkumannya:

Menhub: 3 in 1 untuk Atasi Polusi Udara

Menhub Budi mengatakan, saat ini sebagian besar orang yang bekerja ke Jakarta, menggunakan mobil pribadi untuk satu orang. Untuk itu dirinya menyarankan kebijakan 3 in 1 atau 4 in 1.

"Kendaraan-kendaraan ini banyak yang menggunakan satu orang atau maksimal 2 orang. Karena itu dipertimbangkan untuk membuat 3 in 1 atau jadi 4 in 1," kata Budi Karya usai ratas di Istana Negara, Senin (14/8).

Berdasarkan data dari platform pemantauan kualitas udara, Napas, selama Juli 2023, Tangerang Selatan, menjadi kota dengan polusi udara terburuk di Indonesia.

Salah satu penyebab yang disoroti pemerintah adalah masifnya penggunaan kendaraan pribadi.

Suasana macet Kendaraan bermotor di kawasan Matraman, Jakarta Timur akibat pembangunan trotoar pada Senin (22/8). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Suasana macet Kendaraan bermotor di kawasan Matraman, Jakarta Timur akibat pembangunan trotoar pada Senin (22/8). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

"Jadi katakanlah mereka dari Bekasi, dari Tangerang, dari Depok, mereka bersama-sama ke kantor gantian mobilnya sehingga jumlahnya menurun," ujar dia.

Cara lainnya, kata Budi Karya, adalah dengan semakin mempercepat transisi ke kendaraan listrik. PLN dalam hal ini sudah diminta makin memperbanyak stasiun pengisian baterai kendaraan listrik.

Begitu pula dengan penggunaan transportasi massal yang kini sudah makin banyak pilihannya. Di antaranya, ada LRT Jabodebek dan kereta cepat yang bakal segera beroperasi.

Sehat Suhardja, Pengusaha yang Diajak Luhut Bertemu Elon Musk

Luhut membawa Sehat Sutardja dalam pertemuan yang terjalin hampir 2,5 jam dengan Elon Musk. Menurut Luhut, Sehat merupakan pengusaha di sektor teknologi.

"Sehat Sutardja, orang Indonesia yang tinggal di Amerika dan dia berkecimpung dalam bidang artificial intelligence," kata Luhut dikutip dari akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan, Selasa (15/8).

Sehat Sutardja (kiri) bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sata bertemu CEO Tesla, Elon Musk, di AS. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan
Sehat Sutardja (kiri) bersama Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sata bertemu CEO Tesla, Elon Musk, di AS. Foto: Instagram/@luhut.pandjaitan

Dari video yang dibagikan, terlihat Luhut, Elon, dan Sehat foto bersama.

Dikutip dari Forbes, Sehat Sutardja merupakan co-founder perusahaan semikonduktor bernama Marvell Technology. Perusahaan ini dibangun bersama istrinya, Weili Dai tahun 1995.

Sehat Sutardja menjadi CEO Marvell Technology selama 21 tahun, dari 1995 hingga 2016. Pada 2015, dia dipaksa keluar di tengah penyelidikan keuangan internal. Tapi tidak ada bukti penipuan yang ditemukan dalam investigasi akuntansi Marvell.

Pasangan itu pindah ke Las Vegas pada 2017 dan berinvestasi di real estate dan teknologi. Kini, dia menjadi CEO FLC Technology Group di California, AS. Posisi yang didudukinya sejak 2016. Sehat merupakan lulusan Universitas California, Berkeley.

Sebelumnya, nama Sehat Sutardja juga disebut akan mendampingi Elon Musk dalam diskusi yang digelar bersama 500 mahasiswa terbaik di seluruh Indonesia pada KTT G20 di Bali tahun lalu. Tapi, Elon ternyata batal ke Indonesia dan hanya hadir melalui virtual meeting.

Diungkapkan Luhut, banyak hal yang dibahas dalam pertemuan itu, mulai dari belum ada kepastian investasi Elon Musk di banyak negara karena produksi mobil listrik Tesla berlebih. Dari 3 juta produksi, baru terjual 1,8 juta unit di seluruh dunia.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/populer-skema-3-in-1-untuk-atasi-polusi-udara-pengusaha-yang-diajak-luhut-21014mFxd8g

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations