Praktik Mudah Pengintegrasian SKP ke dalam PMM
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Praktik Mudah Pengintegrasian SKP, Foto: Unsplash/damircudic.
Ilustrasi Praktik Mudah Pengintegrasian SKP, Foto: Unsplash/damircudic.

PMM adalah terobosan terbaru dalam dunia pendidikan Indonesia. PMM berperan penting dalam pengelolaan kinerja guru, salah satunya mengenai SKP atau Sasaran Kerja Pegawai. Praktik mudah pengintegrasian SKP ke dalam PMM penting diketahui seorang guru.

Hal di atas disebabkan PMM memudahkan dalam penilaian, pemantauan, dan pengembangan kinerja guru secara sistematis. SKP ini juga berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan tugasnya dan menilai kinerjanya selama satu tahun.

Praktik Mudah Pengintegrasian SKP untuk Guru

Ilustrasi Praktik Mudah Pengintegrasian SKP, Foto: Unsplash/fizkes.
Ilustrasi Praktik Mudah Pengintegrasian SKP, Foto: Unsplash/fizkes.

Dikutip dari buku Merdeka Belajar Bagi Pendidikan Nonformal karya Dr. Abdul Kahar, M.Pd. dkk (2023: 27), Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun.

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan PMM adalah pengintegrasian SKP ke dalam platform. SKP disusun berdasarkan Jabatan Fungsional Guru (JFG) dan dijabarkan dari Rencana Kinerja Tahunan (RKT) sekolah. Berikut praktik mudah pengintegrasian SKP ke dalam PMM:

1. Pahami Standar Kinerja dan SKP

Pastikan sudah memahami Standar Kinerja Guru (SKG) yang telah ditetapkan pemerintah. Ini menjadi acuan dalam penyusunan SKP. Kemudian pelajari SKP yang telah disusun sekolah berdasarkan SKG tersebut.

2. Siapkan Bukti Nyata atau Bukti Dukung

SKP harus didukung dengan bukti nyata berupa aktivitas dan pencapaian sebagai guru. Baik dalam foto, video, maupun artikel hasil kerja tenaga pengajar perlu menyiagakan bukti nyata hasil kerjanya.

3. Manfaatkan Fitur dalam Aplikasi Platform Merdeka Mengajar

Adanya aplikasi Platform Merdeka Mengajar atau PMM merupakan langkah selanjutnya untuk bisa mengintegrasikan SKP ke dalam Platform Merdeka Mengajar.

Dalam aplikasi sudah ada fitur pengelolaan kinerja guru seperti Refleksi diri, Penyusunan Rencana Kinerja, serta Penilaian Kinerja yang dimanfaatkan oleh para guru dalam penyusunan SKP.

4. Komunikasikan dengan Para Pejabat Sekolah dan Rekan Guru

Komunikasi dengan kepala sekolah atau pejabat sekolah yang ada bisa menjadi langkah efektif bagi seorang tenaga pendidik untuk mempermudah pengintegrasian SKP.

Fitur forum diskusi dalam aplikasi PMM juga akan sangat bermanfaat bagus guru yang ingin melancarkan penyusunan SKP.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Pendidikan Nasional di Indonesia

Demikian penjelasan mengenai bagaimana praktik pengintegrasian SKP ke dalam PMM. Semoga bisa menjadi acuan bagi para pendidik demi mencapai sistem belajar yang efektif untuk anak didik. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/praktik-mudah-pengintegrasian-skp-ke-dalam-pmm-227iGqgC9pL

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations