Preview Final Piala Dunia Wanita: Spanyol vs Inggris, Siapa Juara Pertama Kali?
Siapa yang akan keluar sebagai jawara baru Piala Dunia Wanita 2023? Simak ulasannya di sini. #bolanita #bola #bolasports #text
Pemain Spanyol Teresa Abelleira merayakan gol pertama mereka dengan rekan setimnya pada Piala Dunia Wanita 2023 di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Rabu (26/7/2023). Foto: David Rowland/REUTERS
Pemain Spanyol Teresa Abelleira merayakan gol pertama mereka dengan rekan setimnya pada Piala Dunia Wanita 2023 di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Rabu (26/7/2023). Foto: David Rowland/REUTERS

Spanyol dan Inggris siap bertarung di partai final Piala Dunia Wanita 2023. Keduanya akan saling berebut trofi guna mengukuhkan diri menjadi jawara baru di turnamen sepak bola wanita terbesar sejagat.

Spanyol yang diterpa masalah internal antara pemain dan pelatih berhasil menunjukkan tajinya di Piala Dunia Wanita edisi ke-9 ini. Tim yang dikomandoi Jorge Vilda melaju dengan apik hingga partai puncak.

Di lain sisi, Inggris juga tak kalah cemerlangnya dari Spanyol. Alessia Russo dkk bahkan selalu mencatatkan kemenangan dan tak pernah kalah sejak partai pertama fase grup.

Lantas, bagaimana perjalanan Spanyol dan Inggris dari fase grup hingga keduanya bisa bersua di partai puncak Piala Dunia Wanita? Simak ulasannya di sini.

Selebrasi pemain Timnas Wanita Spanyol usai mencetak gol ke gawang Timnas Wanita Swedia pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Selasa (15/8/2023).
 Foto: Hannah McKay/REUTERS
Selebrasi pemain Timnas Wanita Spanyol usai mencetak gol ke gawang Timnas Wanita Swedia pada pertandingan semifinal Piala Dunia Wanita 2023 di Eden Park, Auckland, Selandia Baru, Selasa (15/8/2023). Foto: Hannah McKay/REUTERS

Preview Spanyol dan Inggris di Piala Dunia Wanita 2023

Perjalanan Spanyol di Piala Dunia Wanita 2023 memang tak sempurna. Sempat dua kali peroleh kemenangan beruntun di fase grup, La Roja harus tunduk dari Jepang dengan skor 4-0 di partai ketiga. Hasil itu membuat Spanyol finish di peringkat dua Grup C di bawah Jepang.

Namun, usai kekalahan tersebut jalan Spanyol cukup mulus. Di babak 16 besar, Aitana Bonmati dkk melumat Swiss dengan skor 1-5. Di perempat final, Spanyol juga mengandaskan salah satu favorit juara, Belanda dengan skor 2-1.

Pada semifinal, Spanyol berhadapan dengan salah satu tim kuat yakni Swedia. Laga berlangsung sengit, Spanyol berhasil keluar sebagai pemenang melalui gol Olga Carmona di menit 89. Kemenangan tersebut membawa La Roja menapaki final Piala Dunia Wanita pertamanya.

Pemain Inggris Lauren James merayakan gol pertamanya bersama rekan setimnya pada pertandingan Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Sepak Bola Sydney, Sydney, Australia, Jumat (28/7/2023). Foto: Carl Recine/REUTERS
Pemain Inggris Lauren James merayakan gol pertamanya bersama rekan setimnya pada pertandingan Piala Dunia Wanita 2023 di Stadion Sepak Bola Sydney, Sydney, Australia, Jumat (28/7/2023). Foto: Carl Recine/REUTERS

Di lain sisi, Inggris punya langkah yang lebih mulus dibanding Spanyol. Lionesses mampu menyapu bersih laga di fase grup dengan kemenangan. Pasukan Sarina Wiegman juga berhasil keluar sebagai jawara Grup D usai mengantongi 9 poin.

Pada babak 16 besar, Inggris menundukkan Nigeria lewat adu penalti dengan skor 4-2. Lalu, di perempat final Inggris kalahkan Kolombia dengan skor 2-1.

Di semifinal, The Lionesses hadapi sang tuan rumah turnamen, Australia. Meski dalam tekanan yang cukup tinggi karena bermain di hadapan suporter Australia, Inggris mampu melewati itu dengan mudah dan menang 3-1.

Head to Head Spanyol vs Inggris

  • (21/07/2022) Inggris 2-1 Spanyol (Piala Eropa Wanita 2022)

  • (20/02/2022) Inggris 0-0 Spanyol (Pertandingan Persahabatan)

  • (12/03/2020) Inggris 0-1 Spanyol (Pertandingan Persahabatan)

  • (10/04/2019) Inggris 2-1 Spanyol (Pertandingan Persahabatan)

  • (24/07/2017) Inggris 2-0 Spanyol (Piala Eropa Wanita 2017)

Jadwal Spanyol vs Inggris di Final Piala Dunia Wanita 2023

Duel antara Spanyol vs Inggris di partai final Piala Dunia Wanita 2023 akan dilangsungkan di Accor Stadium, Australia, pada Minggu (20/8) pukul 17:00 WIB.

Link Streaming Australia vs Inggris

Laga Spanyol kontra Inggris bisa Anda saksikan melalui laman resmi FIFA+. Klik di sini.

https://kumparan.com/kumparanbolanita/preview-final-piala-dunia-wanita-spanyol-vs-inggris-siapa-juara-pertama-kali-211jKBENucx

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations