Proses dan Alasan Terjadinya Pemadaman Bergilir
Oleh Berita Terkini
Jelaskan Terjadinya Pemadaman Bergilir! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nikola Johnny Mirkovic
Jelaskan Terjadinya Pemadaman Bergilir! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Nikola Johnny Mirkovic

Pemadaman listrik bergilir bisa diartikan sebagai pemadaman listrik yang dilakukan dengan sengaja oleh perusahaan dengan tujuan tertentu. Sekarang coba jelaskan terjadinya pemadaman bergilir.

Agar bisa menjelaskan bagaimana proses dan alasan dari pemadaman bergilir maka harus memahami pengertian dari kegiatan ini. Meski merugikan masyarakat, biasanya kegiatan ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang lebih buruk.

Jelaskan Terjadinya Pemadaman Bergilir! Ini Jawabannya

Jelaskan Terjadinya Pemadaman Bergilir! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Selcuk S
Jelaskan Terjadinya Pemadaman Bergilir! Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Selcuk S

Dikutip dari buku Mengupas Lebih Dalam Kelistrikan Pulau Jawa karya Tempo Publishing, (2020) pemadaman secara bergilir merupakan pemutusan aliran listrik yang dilakukan dengan tujuan tertentu.

Pemadaman bergilir dilakukan secara bergantian di suatu wilayah tertentu dan biasanya sudah direncanakan. Perusahaan listrik akan memberikan informasi terlebih dahulu sebelum melakukan pemadaman sehingga masyarakat bisa melakukan persiapan.

Pemadaman listrik dapat merugikan, terutama jika dilakukan pada waktu sibuk seperti jam kerja. Pemadaman listrik dapat menyebabkan kerugian baik pada pelanggan rumah tangga maupun industri kecil dan menengah.

Pada konsumen industri kecil dan menengah kerugian yang dialami akibat pemadaman listrik yaitu menyebabkan peningkatan harga satuan produksi. Berdasarkan ulasan singkat tersebut sekarang coba jelaskan terjadinya pemadaman bergilir.

Pemadaman bergilir biasanya dilakukan karena sistem kelistrikan tidak mampu memenuhi kebutuhan daya yang diajukan oleh konsumen. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Kekurangan Pasokan Daya

Kapasitas pembangkit listrik tidak mencukupi untuk memenuhi permintaan konsumen. Bisa jadi karena faktor usia pembangkit yang sudah tua, kerusakan, atau minimnya investasi di bidang pembangkit.

2. Gagal Sistem

Gangguan pada sistem transmisi dan distribusi listrik dapat menyebabkan pemadaman bergilir. Hal ini bisa terjadi karena faktor cuaca ekstrem, kerusakan infrastruktur, atau human error.

3. Kenaikan Permintaan Daya

Pada waktu-waktu tertentu, seperti saat musim kemarau atau hari raya, permintaan daya listrik dapat meningkat secara signifikan. Hal ini dapat membebani sistem kelistrikan dan memicu pemadaman bergilir.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan penyedia listrik seperti PLN untuk mencegah adanya pemadaman bergilir yang merugikan masyarakat. Misalnya dengan meningkatkan kapasitas pembangkit yang dimiliki.

Selain itu perusahaan juga harus memperbaiki infrastruktur yang sudah mulai rusak agar tidak terjadi pemadaman yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Baca juga: Listrik Dinamis: Pengertian dan Istilah-istilahnya

Ulasan di atas tentunya bisa menjawab pertanyaan jelaskan terjadinya pemadaman bergilir yang biasa dilakukan oleh perusahaan penyedia listrik seperti PLN. Pemadaman ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap masyarakat. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/proses-dan-alasan-terjadinya-pemadaman-bergilir-22hP7a34Y9j

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations