PT ITSS Diduga Langgar Aturan Tungku Meledak, Luhut Perintahkan Ini ke Polri
Hasil investigasi awal PT ITSS terindikasi melanggar SOP hingga tungku smelter di Morowali meledak. Luhut minta Polri tindak tegas. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Kebakaran tungku smelter No. 41 di Morowali, Minggu (24/12/2023). Foto: Dok. Istimewa
Kebakaran tungku smelter No. 41 di Morowali, Minggu (24/12/2023). Foto: Dok. Istimewa

Kepolisian RI mendapatkan tugas baru dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk menindak tegas PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (PT ITSS).

Hal ini menyusul insiden meledaknya tungku smelter PT ITSS di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah.

Luhut bilang, berdasarkan hasil investigasi awal, terdapat indikasi tindakan yang melanggar Standar Operasional Prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan PT ITSS sampai menyebabkan kecelakaan dan korban jiwa. Tercatat ada 19 pekerja yang meninggal akibat insiden mengerikan itu, terdiri dari 11 TKI dan 8 TKA), 29 luka berat, dan 11 luka ringan.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023). Foto: Fikri Yusuf/Antara Foto
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers saat kegiatan media briefing di Nusa Dua, Badung, Jumat (22/12/2023). Foto: Fikri Yusuf/Antara Foto

Hal itu disampaikan Luhut dalam rapat yang dipimpinnya soal insiden kecelakaan di smelter hari ini, Jumat (29/12), di Bali. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kepala Staf Umum TNI, Kapolda Sulawesi Tengah, Badan Pemelihara Keamanan Polri, dan pemangku kepentingan daerah.

“Saya minta Polri bertindak cepat dan tegas apabila ada bukti pelanggaran oleh perusahaan. Kejadian serupa di GNI tahun lalu sudah menjadi pelajaran bahwa kita serius dalam menegakkan hukum demi keselamatan pekerja. Pokoknya kita tidak mau main-main dengan keselamatan manusia,” katanya dalam keterangan resmi, Jumat (29/12).

Meski begitu, untuk kesimpulan akhir, Luhut telah meminta kepada Kapolda Sulawesi Tengah untuk menyelesaikan investigasi tersebut dalam waktu dua minggu dan meminta tindakan tegas dari Polri terhadap setiap pelanggaran hukum yang teridentifikasi.

Saat ini, berdasarkan hasil kunjungan Tim Kemenko Marves, Luhut mengeklaim, penanganan korban tungku smelter meledak di Morowali yang masih dalam perawatan sudah dilakukan dengan baik. Evakuasi atas korban yang dirawat ke Makassar dan Jakarta juga telah dilakukan.

Infografik Kronologi Kerusuhan PT GNI. Foto: kumparan
Infografik Kronologi Kerusuhan PT GNI. Foto: kumparan

Selain itu, menurutnya perusahaan juga sudah memberikan santunan sebesar Rp 600 juta untuk korban yang meninggal dunia, di luar dari santunan dari BPJS.

Investigasi di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI)

Sebelumnya ledakan juga terjadi smelter Gunbuster Nickel Industry (GNI) tahun lalu yang memakan korban jiwa. Atas kejadian tersebut, Luhut menyampaikan kabar terbaru yakni saat ini berkas perkara tersebut sudah dalam proses diajukan ke persidangan oleh tim penyidik dari Kementerian Tenaga Kerja.

Kata dia, pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan Tata Kelola Industri, terutama dalam aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan Lingkungan Hidup. Luhut menekankan tidak ada toleransi bagi kegagalan dalam menerapkan standar K3 yang dapat membahayakan pekerja dan lingkungan.

Dua korban ledakan smelter Morowali dirujuk ke Makassar dan Jakarta. Foto: Dok. Istimewa
Dua korban ledakan smelter Morowali dirujuk ke Makassar dan Jakarta. Foto: Dok. Istimewa

Dia juga sudah memerintahkan kepada Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Perindustrian untuk memastikan SOP dan panduan K3 di seluruh smelter nikel di Indonesia telah memadai dan dilaksanakan dengan baik.

“Prioritas kami adalah keselamatan pekerja. Kami tidak akan kompromi dengan kegagalan apa pun dalam menerapkan standar keselamatan. Perusahaan harus bertanggung jawab penuh atas konsekuensi dari insiden ini, dan kami akan memastikan keadilan bagi para korban serta keluarga mereka,” pungkasnya.

Dalam dua minggu ke depan, Luhut akan mengadakan rapat koordinasi lanjutan untuk meninjau hasil investigasi dan memastikan langkah-langkah perbaikan dalam pengelolaan industri dan keselamatan kerja di Indonesia telah diimplementasikan dengan efektif.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/pt-itss-diduga-langgar-aturan-tungku-meledak-luhut-perintahkan-ini-ke-polri-21rriCZpqhH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations