Puisi Rakyat: Pengertian dan Jenisnya
Oleh Berita Terkini
Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alvaro Serrano
Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Alvaro Serrano

Apakah puisi rakyat itu? Puisi rakyat adalah salah satu ragam sastra yang dipelajari dalam materi Bahasa Indonesia. Puisi rakyat merupakan warisan leluhur yang sarat akan pesan-pesan moral dan nilai kebajikan.

Dikutip dari buku berjudul Sastra Indonesia, Cikawati (2020, 1), puisi rakyat atau puisi lama terikat oleh ketentuan-ketentuan, seperti jumlah suku kata, jumlah baris, jumlah bait dan rima. Struktur setiap puisi rakyat (pantun, gurindam, dan syair) berkaitan dengan setiap ciri-ciri puisi rakyat tersebut.

Pengertian Puisi Rakyat Menurut Para Ahli

Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Thought Catalog
Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Thought Catalog

Setelah memahami pengertian puisi rakyat secara umum, kini perlu diketahui pula bagaimana pengertian puisi rakyat menurut para ahli. Tentu para ahli memiliki pandangan yang berbeda-beda mengenai pengertian puisi rakyat. Berikut penjelasannya.

  1. Tim Kemendikbud (2017) Menurut Tim Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pengertian puisi rakyat adalah karya sastra yang berupa puisi, syair, pantun, dan gurindam yang memiliki nilai-nilai yang ingin diwariskan pada leluhur.

  2. Danandjaja (2007) Danandjaja mengungkapkan pendapatnya bahwa puisi rakyat merupakan kesusastraan rakyat yang sudah ditentukan bentuknya, biasanya terdiri dari beberapa deret kalimat, atau berbentuk mantra yang dibacakan secara lisan, panjang pendek suku kata, lemah tekanan suara, atau hanya berdasarkan irama.

  3. Dunton Menurut Dunton, pengertian puisi rakyat merupakan pemikiran manusia secara konkret dan artistik dalam bahasa emosional serta berirama. Misalnya dilengkapi dengan kiasan, dengan citra-citra, dan disusun secara artistik.

  4. Samad Said Samad Said berpendapat bahwa pengertian puisi rakyat hakikatnya adalah satu pernyataan perasaan dna pandangan hidup seorang penyair yang memandang sesuatu peristiwa alam dengan ketajaman perasaannya.

Jenis-Jenis Puisi Rakyat

Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nick Fewings
Apakah puisi rakyat itu?. Foto hanya ilustrasi. Sumber foto: Unsplash/Nick Fewings

Ternyata puisi rakyat juga dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis dari puisi rakyat.

1. Gurindam

Jenis puisi lama yang berasal dari India. Gurindam berasal dari bahasa India, kirindam berarti mula-mula atau perumpamaan.

Jenis puisi rakyat ini mengandung banyak ajaran moral serta nilai agama. Sehingga orang zaman dahulu menjadikan gurindam sebagai norma kehidupan. Ciri-ciri gurindam adalah sebagai berikut.

  • Terdiri atas dua baris dalam satu bait

  • Tiap baris terdiri dari 10 sampai 14 kata

  • Tiap baris memiliki rima sama atau bersajak A-A, B-B, C-C, D-D, dan seterusnya

  • Antarbaris merupakan satu kesatuan utuh

  • Baris pertama memuat soal, masalah, atau perjanjian

  • Baris kedua berisi jawaban atau akibat dari permasalahan dalam baris pertama

  • Isinya berubah nasihat, filosofi hidup, atau kata-kata mutiara.

Contoh dari Gurindam Kalau mulut tajam dan kasar, boleh ditimpa bahaya besar. Pikir dahulu sebelum berkata, supaya terelak silang sengketa. Kalau diri kena perkara, turut susah sanak saudara. Barang siapa berbuat khianat, Tuhan kelak memberi laknat. Barang siapa tidak memegang agama, sekali-kali tiada boleh dibilangkan nama.

2. Pantun

Pantun merupakan bentuk puisi rakyat Indonesia yang berasal dari melayu yang terdiri dari sampiran dan isi dan dikenal dengan berbagai nama menurut bahasa daerah masing-masing di Indonesia. Untuk membedakan pantun dengan puisi rakyat lainnya. Berikut ciri-ciri dari pantun.

  • Tiap bait terdiri dari empat baris

  • Terdapat 4 sampai 6 kata setiap baris

  • Baris 1 2 adalah sampiran dan 2 3 adalah isi

  • Biasanya anonim atau tidak diketahui penciptanya

Contoh Pantun Apa guna orang bertenun untuk membuat pakaian adat Apa guna orang berpantun untuk beri petuah amanat Asam kadis asam gelugur kedua asam siang riang Menangis mayat di dalam kubur mengingat diri tidak sembahyang. Beli kacang kupas kulitnya kacang dikupas dicampur kurma Kalau boleh abang bertanya nona manis hendak ke mana.

3. Syair

Pengertian puisi rakyat syair adalah merupakan rangkaian kisah yang panjang. Di dalam syair, semua baris merupakan isi dan biasanya isinya tidak selesai dalam satu bait. Hal ini karena syair biasanya digunakan untuk menceritakan sesuatu yang berkesinambungan.

Puisi rakyat yang berupa pantun juga disebut sebagai puisi lama yang tiap bait terdiri atas empat baris yang berakhir dengan bunyi yang sama. Syair merupakan puisi rakyat yang berasal dari Arab. Untuk membedakan syair dengan pantun ditandai dengan larik di dalam karya puisi rakyat tersebut.

Jika larik pertama dan larik kedua pada pantun adalah sampiran dan larik ketiga dan larik keempat pada pantun adalah isi, berbeda halnya dengan syair. Syair ini semua larik di dalam bait yang terdapat pada syair merupakan isi. Berikut ciri-ciri yang membedakan syair dengan puisi rakyat yang lainnya.

  • Terdiri dari 4 baris yang terdiri dari 4-6 kata

  • Tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata

  • Syair bersajak a-a-a-a

  • Semua larik atau baris pada syair adalah isi

  • Bahasa yang digunakan di dalam syair berupa kata atau bahasa kiasan

Contoh Syair Dengarlah kisah suatu riwayat Raja di desa negeri Kembayat Dikarang fakir dijadikan hikayat Dibuatkan syair serta berniat Ada raja sebuah negeri Sutan Agus bijak besyari Asalnya baginda raja yang bahari Melimpahkan pada dagang biaperi Kabar orang empunya termasa Baginda itulah raja perkasa Tiada ia merasai sengsara Entah kepada esok dan lusa

Baca juga: Mengenal Ciri-Ciri Puisi Rakyat Lengkap dengan Jenisnya

Itulah penjelasan tentang pengertian dan jenis-jenis dari puisi rakyat. Semoga dapat membantu para pecinta sastra untuk memahaminya dan tidak tertukar masing-masing contoh dari puisi rakyat. (Gin)

https://kumparan.com/berita-terkini/puisi-rakyat-pengertian-dan-jenisnya-2147Ekx29YS

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations