Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Oleh Berita Terkini
Materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka. Sumber: pexels.com
Materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka. Sumber: pexels.com

Pendidikan Pancasila merupakan bagian dari mata pelajaran PPN yang sudah diajarkan sejak jenjang sekolah dasar. Biasanya, setiap jenjang atau kelas memiliki materi yang berbeda-beda. Begitu pula dengan materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka.

Oleh karena itulah, setiap guru harus memahami dan menguasai materi tersebut. Tujuannya agar guru bisa lebih leluasa dalam menentukan metode mengajar yang tepat. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan tersebut.

Materi Pendidikan Pancasila Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka. Sumber: pexels.com
Materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Inti Sari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Muhammad Tohir (2019:1), inti sari pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan membahas mengenai dinamika kehidupan kenegaraan Indonesia, yang mengalami perkembangan sejak munculnya gerakan reformasi yang berdampak pada perubahan dalam segala aspek kehidupan, terutama di bidang hukum, politik, ekonomi, sosial, kebudayaan, serta pendidikan.

Adapun rangkuman materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

1. Pancasila sebagai Nilai Kehidupan

Kegiatan pembelajaran pada unit materi yang satu ini berfokus pada operasionalisasi elemen pembelajaran PKN yang pertama, yakni Pancasila. Oleh karena itu, materi ini sangat penting dan berkaitan dengan Pancasila sebagai ideologi dan asas yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

2. Konstitusi dan Norma di Masyarakat

Kegiatan pada pembelajaran unit materi ini adalah operasionalisasi elemen pembelajaran PKN yang kedua, yaitu Undang-Undang Dasar NRI 1945. Materi ini sangat penting karena berkaitan dengan kedudukan mata pelajaran PKN sebagai wahana pendidikan kesadaran berkonstitusi.

Materi ini penting untuk dipahami karena berkaitan dengan kedudukan mata pelajaran PKN sebagai wahana pendidikan kesadaran berkonstitusi. Jadi, kegiatan pembelajaran, guru membantu peserta didik untuk menjadi warga negara yang memiliki kesadaran berkonstitusi yang tinggi.

3. Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan

Unit pembelajaran ini adalah bagian dari pelajaran PKN yang berkaitan dengan jati diri dan kebhinekaan. Materi ini berkaitan erat dengan kondisi seseorang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai individu maupun warga masyarakat di lingkungannya.

4. Negaraku Indonesia

Unit materi ini fokus pada operasionalisasi elemen PKN, yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia. Materi ini berkaitan dengan kedudukan pelajaran PKN sebagai wahana pendidikan, pendidikan politik, dan demokrasi.

5. Pola Hidup yang Bergotong Royong

Unit yang terakhir berkaitan dengan pengembangan dari elemen pembelajaran PKN yang berkaitan dengan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Materi ini berkaitan dengan kondisi seseorang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai individu maupun warga masyarakat di lingkungannya.

Baca Juga: Tujuan Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa

Demikian rangkuman materi pendidikan Pancasila kelas 4 Kurikulum Merdeka yang wajib dipahami oleh para guru. (Anne)

https://kumparan.com/berita-terkini/rangkuman-materi-pendidikan-pancasila-kelas-4-kurikulum-merdeka-212uIRCIWzo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations