Rapat TIMPORA Tingkat Provinsi Sulut Bahas Soal Optimalisasi Digitalisasi
Oleh Manado Bacirita

Kepala Kantor Imigrasi Manado Puji Kegiatan yang Dinilai Baik

Peserta rapat Timpora tingkat Provinsi Sulawesi Utara.
Peserta rapat Timpora tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

MANADO - Kepala Kantor Imigrasi Manado, Made Nur Hepi Juniartha, menghadiri Rapat TIMPORA (Tim Pengawasan Orang Asing) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (8/5) di Kota Manado. Kegiatan ini juga dihadiri para kepala satker di bawah Kanwil Kemenkumham Sulut.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, John Batara Manikallo, yang membuka pelaksanaan rapat itu, menyampaikan bahwa digitalisasi dalam pengawasan keimigrasian bukanlah sekadar penggunaan teknologi.

Menurutnya, hal itu lebih kepada transformasi sistem dan prosedur pengawasan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti pemanfaatan data bio metrik orang asing, penerapan sistem pelacakan orang asing dan pengembangan aplikasi pengawasan orang asing.

"Optimalisasi digitalisasi dalam pengawasan keimigrasian membutuhkan sinergi dan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak guna membangun ekosistem pengawasan yang komprehensif," kata Batara.

Untuk itu, dirinya mengajak seluruh perwakilan instansi yang hadir untuk bersama-sama merumuskan strategi implementasi digitalisasi yang efektif dan tepat guna, sehingga dengan digitalisasi diharapkan pengawasan orang asing di Sulut dapat menjadi lebih optimal dan efektif.

"Dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, kita wujudkan pengawasan keimigrasian yang modern, transparan, dan akuntabel, demi terwujudnya Indonesia yang aman, tertib, dan sejahtera," ujarnya kembali.

Adapun para narasumber yaitu Kepala Divisi Keimigrasian, Syamsul Sitorus sebagai Ketua TIMPORA, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Arthur Mawikere, dan Asintel Danlantamal VIII F.V. Jacobus.

Kepala Kantor Imigrasi Manado, Made Nur Hepi Juniartha, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut tersebut.

"Sangat baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Keimigrasian, karena kami boleh saling tukar-menukar informasi dengan seluruh Satuan Kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Sulut juga dengan Perwakilan Instansi Tingkat Provinsi," ujar Made Hepi.

febry kodongan

https://kumparan.com/manadobacirita/rapat-timpora-tingkat-provinsi-sulut-bahas-soal-optimalisasi-digitalisasi-22hZ0cH4iGJ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations