Rekomendasi Wisata di Penang, Malaysia, Wajib Masuk List Wisatawan Indonesia
Terkenal dengan wisata medisnya membuat Penang juga selalu menjadi tujuan utama wisatawan Indonesia untuk berlibur. #kumparanTRAVEL #newsupdate
Wisatawan di Kek Lok Si Temple, Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock
Wisatawan di Kek Lok Si Temple, Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock

Jaraknya yang tak jauh dari Indonesia membuat Penang menjadi salah satu destinasi wisata incaran para wisatawan Tanah Air. Tak hanya itu, terkenal dengan wisata medisnya membuat Penang juga selalu menjadi tujuan utama wisatawan Indonesia untuk berlibur.

Tak heran, Indonesia menjadi negara pertama penyumbang terbesar wisatawan yang datang ke Penang. Bahkan, menurut data Penang Global Tourism, sejak Januari-Mei 2023, terdapat 130 ribu wisatawan Indonesia yang datang ke Penang.

Hal ini jugalah yang membuat Penang Global Tourism menawarkan banyak hal baru untuk wisatawan Indonesia, salah satunya lewat "Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways". Acara ini diselenggarakan di Pullman Central Park Jakarta dan JW Marriot Surabaya, yan bekerja sama dengan ASTINDO (Asosiasi Travel Agent Indonesia), pada Selasa (6/9).

Lewat acara ini, Penang Global Tourism menawarkan kepada para travel agent Indonesia untuk menikmati Penang dengan cara yang baru.

Indonesia merupakan negara penting untuk kami dan menjadi negara penyumbang wisatawan nomor satu ke Penang. Untuk itu, kami menggelar roadshow ini, untuk memberikan pilihan menarik untuk wisatawan Indonesia," ujar Ooi Chok Yan, CEO Global Penang Tourism, dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Pullman Central Park, Selasa (5/9).

Dalam roadshow terbaru ini, Penang menawarkan berbagai pilihan wisata yang wajib masuk list wisatawan Indonesia. Apa saja?

1. Menilik Jejak dan Warisan Budaya UNESCO

George Town, Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock
George Town, Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock

Wisata pertama yang bisa kamu coba saat berlibur ke Penang adalah menilik jejak dan warisan budaya UNESCO. Ada dua situs di Penang yang masuk ke dalam warisan budaya UNESCO, yaitu George Town dan Penang Hill.

Sebagai Ibu Kota Penang, George Town dikenal dengan deretan bangunannya yang ikonik, seperti Gereja St. George, Kuil Goddes of Mercy, dan Kuil Sri Maha Mariamman. Tak hanya itu, George Town juga terkenal dengan deretan muralnya yang terdapat di sepanjang jalan, cocok untuk kamu yang gemar berburu foto Instagramable.

2. Eksplorasi Museum Unik di Penang

Wonderfood Museum, Penang. Foto: Shutterstock
Wonderfood Museum, Penang. Foto: Shutterstock

Kamu pecinta museum? Deretan museum unik di Penang ini tak boleh kamu lewatkan.

Tak seperti museum kebanyakan, di Penang terdapat museum-museum unik yang bisa kamu kunjungi, seperti Ghost Museum, Asia Camera Museum, Teddyville Museum, Wonderfood Museum, dan Upside Down Museum yang terkenal dengan konsep ruang terbaliknya.

3. Mencoba Street Food Khas Penang

Nasi Kandar khas Malaysia. Foto: Shutterstock
Nasi Kandar khas Malaysia. Foto: Shutterstock

Tak lengkap rasanya berwisata ke suatu tempat tanpa mencoba jajanan atau street food-nya. Hal ini juga yang bisa kamu coba saat berwisata ke Penang.

Di Penang terdapat banyak street food, mulai dari nasi kandar, mie kari, laksa, hingga sate seperti di Indonesia. Kamu juga tak perlu khawatir tentang kehalalannya, karena di Penang terdapat banyak makanan halal yang bisa dicoba.

4. Mencoba Restoran Michelin

Tak mau kalah dari tempat lain, di Penang juga terdapat banyak restoran michelin yang bisa kamu coba. Sebanyak 46 restoran di Penang masuk ke dalam daftar Michelin Guide 2023, yang dirilis oleh Michelin Star.

bahkan, dua restoran di Penang juga mendapat bintang satu dari Michelin Star. "Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mampir mencicipi kuliner di Penang," kata Ooi.

5. Mengunjungi Taman Kupu-kupu Terbesar di Malaysia

Taman kupu-kupu Entopia di Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock
Taman kupu-kupu Entopia di Penang, Malaysia. Foto: Shutterstock

Terakhir, kamu bisa mengunjungi taman kupu-kupu terbesar di Malaysia. Bernama Entopia, taman kupu-kupu mini memiliki lebih dari 15.000 kupu-kupu yang terbang bebas.

Kamu bisa menjelajahi kelas dan pusat penemuan alam terbesar, tempat kupu-kupu dan serangga bebas keluar dan bermain. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai jenis hewan invertebrata hingga reptil kecil yang tinggal di kebun vivarium mereka.

Jadi, siap jalan-jalan ke Penang?

https://kumparan.com/kumparantravel/rekomendasi-wisata-di-penang-malaysia-wajib-masuk-list-wisatawan-indonesia-218Uu2QX1l7

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations