Relawan di Kalbar Berjibaku Padamkan Api Karhutla Selama 6 Hari Berturut-turut
Oleh Hi Pontianak
Relawan memadamkan api karhutla. Foto: Dok. Istimewa
Relawan memadamkan api karhutla. Foto: Dok. Istimewa

Hi!Pontianak - Selama 6 hari berturut-turut, relawan gabungan berjibaku memadamkan kebakaran lahan di berbagai wilayah di Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. Kebakaran lahan di Parit Toom, Parit Delima Sekunder B, kini meluas ke Madusari.

Relawan tersebut dikomandoi oleh Asrul Putra Nanda, Branch Manager Rumah Zakat yang juga Ketua Penanggulangan Bencana PMI Kalbar. Ia mengatakan, lebih dari 20 relawan diterjunkan ke lokasi untuk membantu memadamkan api.

"Kami membuat tim regu assement drone pantauan udara serta tim pemadaman lahan terbakar. Mereka bisa menjangkau jarak dan wilayah kerja dengan efektif dan mudah di lihat serta bisa di akses atau tidak," ujarnya, Senin, 31 Juli 2023.

Ia mengatakan, hal tersulit di lapangan yaitu jarak sumber air dengan titik api cukup jauh. Sehingga selang tidak cukup apabila lebih dari 500 meter. Ditambah lagi cuaca panas dan ketebalan asap yang membuat sesak napas.

Asrul Putra Nanda mengkomandoi relawan untuk membantu memadamkan api karhutla. Foto: Dok. Istimewa
Asrul Putra Nanda mengkomandoi relawan untuk membantu memadamkan api karhutla. Foto: Dok. Istimewa

"Kita mewajibkan seluruh relawan safety, masker respiratory, helm, kacamata, hingga sepatu booth hal yang wajib digunakan. Kita menjaga relawan untuk bergerak dengan aman, nyaman, dan pastinya terlindungi," ucapnya.

Ia menambahkan, relawan turun sejak 26 Juli 2023 hingga hari ini. Para relawan juga tergabung dan berkoordinasi dengan BPBD, TNI, Polri, Manggala Agni, LHK, hingga Damkar untuk berupaya memadamkan api.

"Kami optimis apabila bersama, baik komunikasi ini akan menjadi mudah, dan kita bergerak atas dasar kemanusiaan. Berharap anak, bayi, balita, ibu hamil dan yang punya riwayat sesak bisa terhindar dari asap yang kita kerjakan ini," tuturnya.

"Doakan kami untuk terus melanjutkan aksi ini, dari hati yang kami lakukan atas dasar kemanusiaan dan setop pembakaran lahan," tukasnya.

https://kumparan.com/hipontianak/relawan-di-kalbar-berjibaku-padamkan-api-karhutla-selama-6-hari-berturut-turut-20tpQmdupTR

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations