RI Bakal Impor 2 Juta Ron Beras di 2024, dari China hingga Thailand
Pemerintah memberi penugasan BUMN Bulog untuk impor 2 juta ton beras tahun 2024. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Beras impor asal Vietnam sebanyak 24 ribu ton tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (12/11/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan
Beras impor asal Vietnam sebanyak 24 ribu ton tiba di Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Kamis (12/11/2023). Foto: Akbar Maulana/kumparan

Pemerintah memberi penugasan BUMN Bulog untuk impor 2 juta ton beras tahun 2024. Negara ekspor yang bakal memasok beras ke Indonesia mulai dari China sampai Thailand.

"Kita sudah mendapatkan jaminan pasokan yang cukup baik mulai dari Thailand, India, Vietnam, Pakistan, Myanmar, demikian juga bahkan yang dari China," ujar Direktur Utama Bulog, Bayu Krisnamurthi, saat di pergudangan modern Bulog Kelapa Gading, Sabtu (30/12).

Bayu menilai saat ini banyak negara membatasi ekspor beras untuk menjaga ketersediaan pangan di negaranya masing-masing, salah satunya India. Namun, komitmen impor beras bisa didapatkan melalui pendekatan antar pemerintah (government to government/GtoG).

"Pemerintah Indonesia melakukan pendekatan secara khusus, kami bisa mendapatkan jaminan dari mereka pendekatan GtoG melalui Bulog itu dimungkinkan," terangnya.

Sementara impor beras dari Thailand, lanjut Bayu, melalui dua pendekatan yaitu GtoG dan business to business (B2B) yang diwakilkan oleh Bulog sebagai BUMN. Skema ini menurutnya menjadi kelebihan Indonesia dibanding negara-negara lain di saat banyak yang batasi ekspor pangan mereka.

Namun Bayu masih belum membeberkan berapa besar volume beras yang diimpor dari masing-masing negara. Dia hanya menyebutkan, hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dalam negeri.

"Semua kita buka, jadi yang harus juga pertimbangkan adalah selera orang Indonesia sebagian besar senangnya yang pulen berasnya, dan itu memang lebih cocok dari Thailand dan Vietnam dan mungkin sebagian dari China," ujarnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/ri-bakal-impor-2-juta-ron-beras-di-2024-dari-china-hingga-thailand-21sfT6b207t

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations