Riset: Gen Z Lebih Suka Kopi Instan Ketimbang Milenial
Beda generasi, rupanya beda juga cara ngopinya. #kumparanFOOD #newsupdate
Ilustrasi kopi flat white. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi kopi flat white. Foto: Shutter Stock

Setiap orang memiliki selera masing-masing saat minum kopi. Ada yang suka kopi dari biji asli. Namun, ada juga orang yang menyukai kopi instan atau sachet karena tidak repot.

Namun enggak hanya itu, beda generasi ternyata beda pula cara ngopinya. Hal itu pun diungkapkan oleh Brand Manager TOP Coffee, Fransisca Vania Harista.

Perempuan yang akrab disapa Vania ini, mengatakan bahwa ada perbedaan cara minum kopi antara gen Z dan milenial.

Brand Manager TOP Coffee, Fransisca Vania Harista (tengah) di konferensi pers Top Coffee Generasi Top Series di Emporium Pluit Mall, Minggu (7/1). Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Brand Manager TOP Coffee, Fransisca Vania Harista (tengah) di konferensi pers Top Coffee Generasi Top Series di Emporium Pluit Mall, Minggu (7/1). Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

"Dari riset yang kita lakukan kebanyakan gen Z yang anak-anak masih sekolah atau first coffee drinker biasanya lebih menyukai yang instan, yang larut di air. Terutama kalau mereka bisa tambahin es, bisa lebih segar karena belakangan ini kita melihat trennya kopi es atau kopi dingin itu lagi naik daun khususnya di kalangan anak muda," ungkapnya saat acara konferensi pers "TOP Coffee Generasi Top Series" di Emporium Pluit Mall, pada Minggu (7/1).

Dia menambahkan, gen Z cenderung menyukai kopi sachet yang kekinian sehingga menawarkan sensasi ala coffee shop atau kedai kopi.

Berbeda dengan gen Z, para milenial, dikatakan Vania, lebih menyukai kopi yang strong atau cita rasanya kuat.

"Kalau yang lebih mature seperti milenial atau yang lebih older biasanya memang kalau kopi yang harus kerasa gitu, kan. Biasanya lebih suka kopi yang roasted and grown atau yang ada ampasnya gitu, karena ini baru berasa minum kopi, kebanyakan kayak gitu," ungkap dia.

Kemudian yang jadi pertanyaan, seperti apa tren ngopi orang Indonesia di tahun 2024? Vania pun mengungkapkan penemuannya.

Tren Minum Kopi Orang Indonesia 2024

Ilustrasi minum kopi bisa meredakan sakit kepala. Foto: Shutterstock
Ilustrasi minum kopi bisa meredakan sakit kepala. Foto: Shutterstock

Kepada kumparanFOOD, Vania mengungkapkan tren ngopi orang Indonesia di tahun 2024 tak berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Menurutnya, kopi gula aren masih yang jadi terfavorit.

"Kalau kita melihatnya tren kopi sampai 2-3 tahun ke belakangan ini ya, kopi gula aren. Ini kalau lihat refleksi dari produk TOP Coffee sendiri ya, (gula aren) masih jadi favoritnya orang Indonesia," ujar dia.

Berangkat dari hal tersebut, Vania mengatakan TOP Coffee akhirnya meluncurkan produk kopi terbarunya yaitu TOP Coffee Gula Aren.

Ilustrasi minum kopi bikin fokus bekerja. Foto: Prathankarnpap/Shutterstock
Ilustrasi minum kopi bikin fokus bekerja. Foto: Prathankarnpap/Shutterstock

"Pas banget di kuartal keempat tahun kemarin kita keluarin yang versi tubruknya kopi susu gula aren karena rasa gula aren tuh memang dari zaman dulu sudah familiar buat orang Indonesia kalau minum kopi sama gula aren tuh sudah paling pas dan kita melihatnya masih jadi tren," ujar dia.

Sementara itu, untuk gen Z, Vania mengatakan bahwa mereka menyukai cara minum kopi yang berbeda dari yang lain.

"Kalau ke depannya, anak-anak gen Z mereka memang lebih eksploratif. Jadi, tuh suka kopi dicampur dengan cokelat sama dengan buah avocado gitu. Nah, untuk itu kita pastinya melihat peluang dan tren yang ada anak-anak muda ini coba rasa-rasa baru. Ke depannya kita akan keluarkan rasa-rasa baru untuk memenuhi kebutuhan mereka," pungkas Vania.

https://kumparan.com/kumparanfood/riset-gen-z-lebih-suka-kopi-instan-ketimbang-milenial-21w2icxHrR0

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations