Sabtu Suci Memperingati Apa? Ini Maknanya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Sabtu Suci memperingati apa? - Sumber: Pexels/Jade
Ilustrasi Sabtu Suci memperingati apa? - Sumber: Pexels/Jade

Sabtu Suci adalah bagian dari Tri Hari Suci Paskah. Berhubung istilah Sabtu Suci tidak sepopuler Jumat Agung atau Paskah, mungkin banyak yang bertanya-tanya Sabtu Suci memperingati apa?

Dalam Alkitab, Sabtu Suci adalah hari saat Yesus terbaring dikuburkan setelah disalibkan pada hari Jumat Agung. Bagi umat Kristiani, Sabtu Suci merupakan momen untuk mengenang dan merenungkan pengorbanan cinta Yesus.

Sabtu Suci Memperingati Apa?

Ilustrasi Sabtu Suci memperingati apa? - Sumber: Pexels/Pixabay
Ilustrasi Sabtu Suci memperingati apa? - Sumber: Pexels/Pixabay

Kamis Putih adalah momen untuk mengenang peristiwa terakhir. Sementara itu, Jumat Agung dan Paskah adalah untuk mengenang kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus. Lantas, Sabtu Suci memperingati apa?

Sabtu Suci adalah hari di antara Jumat Agung dan Minggu Paskah. Pada peristiwa ini, tubuh Yesus yang meninggal di atas kayu salib dibaringkan di kuburan sebelum bangkit pada hari Paskah. Sabtu Suci adalah memperingati momen duka tersebut.

Dikutip dari buku Mysterium Crucis-Mysterium Paschale: Permenungan atas Tri Hari Suci, Johanis Ohoitimur, dkk, (2020), makna Sabtu Suci bagi umat Kristen adalah sebagai waktu yang tepat untuk merenungkan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat, yang membuat mereka mengambil bagian dalam penyaliban Yesus.

Sejarah Sabtu Suci merupakan momentum untuk melakukan perenungan dan mengingat kembali bagaimana besarnya kebaikan Tuhan pada umatNya, menyadarkan diri, dan menghabiskan waktu khusus untuk berdoa dan bersama dengan Tuhan Yesus Kristus.

Pada Sabtu Suci, terdapat hal-hal yang bisa menjadi permenungan bagi umat. Berikut ini hal-hal yang bisa direnungan dan dihayati.

  • Yesus menemani orang-orang yang sendiri dan kesepian.

  • Allah berbela rasa dengan pengalaman kematian manusia.

  • Kematian bukan akhir, melainkan ada kehidupan baru setelah itu.

Pada Sabtu Suci, umat diajak merenungkan bahwa tidak ada seorang pun yang luput dari dosa. Namun, melalui peristiwa kematian Yesus di atas kayu salib telah menyucikan seluruh dosa manusia. Melalui pengorbananNya, manusia diselamatkan dari hukuman kekal.

Baca juga: Memahami Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah Katolik

Apabila ditanya Sabtu Suci memperingati apa, jawabannya adalah untuk memperingati kematian Kristus. Sabtu Suci menjadi hari yang suci karena kematian Yesus mengingatkan akan kerapuhan manusia. Namun, cinta Allah yang begitu besar telah menyucikan dan menyelamatkan. (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/sabtu-suci-memperingati-apa-ini-maknanya-22RZMEJdoJG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations