Sanksi Pejabat Disdik Medan yang Serukan Dukung Prabowo-Gibran ke PGRI: Teguran
Sanksi Pejabat Disdik Medan yang Serukan Dukung Prabowo-Gibran ke PGRI: Teguran #newsupdate #update #news #text
Tangkapan layar saat Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Medan Andy Yudhistira menyerukan dukungan untuk Prabowo-Gibran. Dok: Ist.
Tangkapan layar saat Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Medan Andy Yudhistira menyerukan dukungan untuk Prabowo-Gibran. Dok: Ist.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Kota Medan Andy Yudhistira dinyatakan telah melanggar netralitas ASN oleh Bawaslu Kota Medan.

Musababnya: Andy menyerukan dukungan untuk paslon 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di hadapan para pejabat PGRI.

Apa sanksinya?

“Kami menjatuhkan hukuman disiplin,” kata Inspektur Kota Medan Sulaiman Harahap pada Senin (5/2).

“Setelah kita pelajari semuanya, kita melihat ada yang tidak sesuai dengan PP 94 tahun 2021 tentang Disiplin PNS pada pasal 3 huruf F. Itu kan PNS wajib menunjukkan integritas dan keteladanan dalam sikap dan perilaku ucapan dan tindakan kepada setiap orang baik di dalam maupun di luar kedinasan,” sambungnya.

Yang disanksi teguran tertulis:

  1. Andy;

  2. Ketua PGRI Kota Medan Sriyanta.

Yang disanksi teguran lisan:

  1. Ermansyah Lubis (Wakil Ketua PGRI Kota Medan);

  2. Nardi Pasaribu (Ketua PGRI Medan Tuntungan);

  3. Fennaldy Heryanto (Ketua PGRI Medan Johor);

  4. Lambok Tamba (Ketua PGRI Medan Petisah)

Sekilas Kasus

Peristiwa itu terjadi di Sekretariat PGRI Medan pada 12 Januari 2024. Andy, kepada para pejabat PGRI, menyatakan ini:

...tapi yang nomor 02 ada kekuasaannya. Apa kekuasaannya? Pak Prabowo itu Menteri Pertahanan.
Dan wakilnya, Mas Gibran, adalah anak dari Presiden yang sampai nanti bulan 10 (Oktober), sampai serah terima, sama Pak Wali Kota (Wali Kota Medan Bobby Nasution).
Sampai bulan 10, Pak Wali Kota juga masih Wali Kota. Jadi pertanyaan saya, Pak Andy, mengarahkan politik? Ya benar, saya mengarahkan politik, tapi tidak kita di dalam politik itu. Kita tidak mencalon, bapak-ibu.
Tapi selagi politik bisa menguntungkan kita kenapa tidak.
Ada gak dalilnya dosa? Kalau dalil dosa kita mundur.
Saya rasa itulah komitmen yang harus kita pegang. Makanya kami harapkan terlepas apa pun bapak ibu teman-teman kita semua cabang hampir hadir 80 persen
7 orang yang betul-betul steril dalam arti punya komitmen, bapak-ibu kita dalam dinas pendidikan itu dalam satu keluarga harus kita pahami.
Apa yang harus kita pahami? Calon presiden itu nomor 2 Pak Prabowo dan Pak Gibran, Pak Wali Kota Bobby Nasution itu ipar, abang kandung istrinya.
Kadis Pendidikan Kota itu adik kandung dari mamaknya.
Jadi ini ada hubungan yang sangat erat.

Kadisdik Kota Medan, Benny Siregar, pernah membantah tindakan Andy adalah kampanye. Ucapan Andy, menurut Benny, cuma seperti obrolan di warung kopi.

https://kumparan.com/kumparannews/sanksi-pejabat-disdik-medan-yang-serukan-dukung-prabowo-gibran-ke-pgri-teguran-226eAH1WOLQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations