Sebelum Meninggal, Dorman Borisman Sempat Amputasi Kaki karena Diabetes
Kaki Dorman Borisman diamputasi beberapa hari sebelum ia meninggal. #kumparanHITS #newsupdate
Aktor lawas Dorman Borisman. Foto: Dok. Istimewa
Aktor lawas Dorman Borisman. Foto: Dok. Istimewa

Aktor Kardiman Dorman Borisman meninggal dunia pada Selasa (7/5) di Rumah Sakit Moch Ridwan Meuraksa, Jakarta Timur pada usia 73 tahun.

Istri Dorman Borisman, Sukowati, menyebut suaminya sempat kena diabetes hingga stroke sebelum meninggal dunia. Bahkan, kaki kanan Dorman harus diamputasi belum lama ini.

“Sebetulnya sakitnya itu dari 2018 itu karena stroke terus enggak lama kemudian kena gula juga, diabetes. Kemarin sudah diamputasi, baru dikubur (bagian amputasinya) kemarin. Belum lama ini," ujar Sukowati ditemui awak media rumah duka di daerah Kramatjati, Jakarta Timur.

Aktor Kardiman Dorman Borisman. dok Instagram @warkopdkifansasi
Aktor Kardiman Dorman Borisman. dok Instagram @warkopdkifansasi

Rekan sesama aktor senior, Eddie Karsito, juga membenarkan penyakit diabetes yang dialami Dorman. Lima tahun belakangan, Dorman disebut sering keluar masuk rumah sakit.

"Abang ini sudah lima tahun terakhir keluar masuk rumah sakit. Jadi sudah beberapa rumah sakit lah. Abang ini kan pertama stroke, stroke pertama aman, stroke kedua bikin kondisinya kurang membaik lah. Ya rawat berjalan," tutur Eddie.

"Abang penyakitnya enggak cuma satu, ada gula, terindikasi ada anemia. Kemudian sejak September 2023 abang sulit komunikasi verbal, cuma duduk, tidur, bangun," lanjutnya.

Memasuki bulan Puasa 2024, keadaan Dorman semakin memburuk. Jempol kaki kanannya membengkak akibat penyakit gula.

Akhirnya, belum lama ini, kaki kanan Dorman harus diamputasi sesuai saran tim medis.

"Sejak puasa kemarin abang kondisinya makin menurun, kemudian jempol kakinya mulai bengkak dan membiru akibat gula. Baru sekitar tiga hari yang lalu dioperasi, kaki yang kanan diamputasi. Dari amputasi sampai tadi meninggal di ICU. Sampai tadi abang dinyatakan meninggal," ucap Eddie.

Jenazah Dorman bakal dimakamkan hari ini, Rabu (8/5) siang.

Sebagai informasi, Dorman dikenal lewat perannya dalam film Manusia Enam Juta Dollar bersama dengan Warkop DKI.

Hampir di setiap filmnya, ia selalu berperan sebagai pemeran pembantu, terutama sebagai seorang pria yang berdialek Batak, dalam film genre komedi maupun drama.

Sinetron fenomenal yang pernah dibintanginya adalah Saras 008 (Indosiar, 1998-2004). Dorman dikenal sebagai Mas Yudhis, teman Saras

https://kumparan.com/kumparanhits/sebelum-meninggal-dorman-borisman-sempat-amputasi-kaki-karena-diabetes-22hL23eFf1G

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations