Seberapa Besar Pengaruh Bansos ke Kemenangan Prabowo-Gibran? ini Analisis LSI
Seberapa Besar Pengaruh Bansos ke Kemenangan Prabowo-Gibran? ini Analisis LSI #newsupdate #update #news #text
Ilustrasi bansos. Foto: Ani Fathudin/Shutterstock
Ilustrasi bansos. Foto: Ani Fathudin/Shutterstock

Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei terbaru mereka terkait Pilpres 2024. Mereka turut menyoroti bagi-bagi bansos terhadap perolehan suara tiga paslon yakni 01 Anies-Muhaimin, 02 Prabowo-Gibran dan 03 Ganjar-Mahfud.

Hasilnya terungkap mereka yang bansos mayoritas memilih Prabowo-Gibran.

Awalnya, LSI menanyakan kepada 1.211 responden dengan pertanyaan ‘apakah menerima bansos?’. Hasilnya, 24% masyarakat mengaku menerima bansos dan 74% menyatakan tidak pernah atau tidak menerima bansos.

“Di kalangan yang menerima bansos, yang 24 persen tadi, 69,3 persen mendukung 02,” kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparannya, Minggu (25/2).

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia. Foto: LSI
Hasil survei Lembaga Survei Indonesia. Foto: LSI

Sedangkan pasangan Anies-Muhaimin hanya mendapatkan 17,6 persen suara begitu juga dengan pasangan Ganjar-Mahfud mendapatkan 13,1 persen suara dari penerima bansos.

Kedua paslon ini justru menerima suara lebih banyak dari kelompok yang tidak menerima bansos dengan rincian Anies-Muhaimin sebesar 28,2%, dan Ganjar-Mahfud 17,8%.

“Di kalangan penerima bansos itu dukungannya paling banyak cenderung di pasangan 02. Tapi di kalangan tidak menerima bansos juga dukungannya mayoritas di pemilih 02, 54%, tapi dukungannya lebih rendah,” kata Djayadi.

Hasil survei Lembaga Survei Indonesia. Foto: LSI
Hasil survei Lembaga Survei Indonesia. Foto: LSI

Kemudian dari segi pilihan partai, masyarakat yang mengaku tidak menerima bansos cenderung lebih tinggi memilih PKB, PDIP dan PKS. Sementara penerima bansos lebih cenderung memilih PAN dan Golkar.

“Tingkat kepuasan penerima bansos yang 24% itu mengaku sangat puas dan pilihannya tentu saja menjadi lebih banyak di 02. Jadi Tingkat kepuasan bansos berkorelasi positif dengan dukungan 02,” ucap Djayadi.

Survei LSI diselenggarakan pada 19-21 Februari 2024 dengan jumlah 1.211 responden yang tersebar di seluruh Indonesia.

Wawancara responden dilakukan lewat telepon yang dipilih menggunakan teknik random digit dialing, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

https://kumparan.com/kumparannews/seberapa-besar-pengaruh-bansos-ke-kemenangan-prabowo-gibran-ini-analisis-lsi-22EYJ1WRwon

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations