Sehari Jelajah Kuliner Legendaris di Singkawang: Choipan hingga Bakmi 68
Oleh Hi Pontianak
Choipan, salah satu kuliner legendaris di Singkawang. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Choipan, salah satu kuliner legendaris di Singkawang. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Hi!Pontianak - Singkawang merupakan salah satu wilayah di Kalimantan Barat yang memiliki destinasi wisata menarik hingga kuliner. Tak heran jika Kota Amoy (julukan Singkawang) ini banyak dikunjungi wisatawan.

Di momen libur Lebaran ini, selain menikmati tempat wisata, wisatawan juga dapat menikmati beragam kuliner. Tentu tak lengkap rasanya bila mengunjungi kota ini tanpa mencicipi kuliner-kuliner yang ada di sana.

Berikut enam tempat kuliner legendaris di Singkawang yang wajib kamu coba dan bisa dijelajahi selama sehari.

1. Choipan

Choipan halal legendaris buatan keluarga Tjhia ini patut kamu coba karena bisa dinikmati segala kalangan.

Makanan berkulit tipis yang terbuat dari tepung beras ini memiliki berbagai isian, seperti bengkoang, kacang, keladi, kucai, dan rebung. Tak lupa dengan taburan bawang putih goreng di atasnya yang semakin menambah kelezatan sajian choipan. Makanan ini bisa kamu nikmati dalam bentuk choipan goreng ataupun kukus, loh.

2. Bakso Sapi Bakmi Ayam 68

Mi Ayam komplit adalah salah satu menu andalan di Bakmi 68 Singkawang. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Mi Ayam komplit adalah salah satu menu andalan di Bakmi 68 Singkawang. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Jangan sampai terlewatkan! Kuliner legendaris yang sudah berdiri sejak 1977 ini menyediakan hidangan bakso dan mie beserta isian lengkap dengan kuah kaldu sapi gurih yang nikmat. Tidak hanya bakso dan mi, masih terdapat menu lainnya yang tersedia, loh.

Tempat kuliner yang satu ini juga sudah terkenal di kalangan masyarakat Singkawang dan para wisatawan karena hidangannya yang lezat. Selain itu, ciri khas kuliner ini identik dengan teknik pembuatannya yang unik yaitu "dilempar". Kamu bisa langsung berkunjung untuk menikmatinya di Jl. Pangeran Diponegoro No. 68, ya.

3. Bubur Gunting

Tau Swan atau bubur gunting, makanan khas warga Tionghoa yang nikmat disantap saat sarapan.
Tau Swan atau bubur gunting, makanan khas warga Tionghoa yang nikmat disantap saat sarapan.

Makanan unik yang satu ini menjadi salah satu menu sarapan favorit warga Singkawang, loh. Tempat kuliner ini tepatnya berlokasi di Jl. Pangeran Antasari.

Berbeda dengan bubur pada umumnya, bubur gunting berbahan dasar kacang hijau beserta kuah kental yang berasal dari tepung kanji dan kacang hijau. Bubur ini disajikan dengan cakwe yang telah dipotong-potong menggunakan gunting sehingga menghasilkan cita rasa manis asin saat disantap.

4. Mi Asin

Ilustrasi mi asin. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Ilustrasi mi asin. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Kuliner mi lainnya yang tidak boleh terlewatkan untuk dicicipi adalah mi asin Singkawang.

Mi berwarna putih yang terbuat dari gandum ini biasanya disajikan dalam perayaan hari ulang tahun ataupun penyambutan tahun baru. Apabila kamu mengonsumsi mi ini, kamu harus memakannya langsung dari ujung ke ujung tanpa dipotong karena memiliki makna sebagai simbol panjang umur dan rezeki yang melimpah.

5. Mi Tiaw Asuk

Di Singkawang, kata “asuk” berasal dari bahasa hakka yang berarti paman. Nama tempat kuliner ini pun sesuai dengan penjual mi nya yang merupakan seorang laki-laki atau paman-paman.

Mi Tiaw Asuk menyajikan mi pipih bertekstur lembut seperti kwetiau yang diolah dengan kecap, taoge, telur, daun cangkok manis, minyak bawang putih, bawang putih cincang, serta garam. Ciri khas yang terdapat dalam kuliner ini ialah penggunaan daun cangkok manis dan daun simpur sebagai alas piring ketika hidangan disajikan sehingga membuatnya berbeda dari tempat lain. Kamu bisa mencicipinya langsung di Jl. Yos Soedarso, ya!

6. Rujak Thai Pu Jie

Bukan sembarang rujak, terdapat keunikan tersendiri yang dimiliki Rujak Thai Pu Jie khas kota Singkawang, bertempat di Jl. Salam Diman No. 8.

Rujak Thai Pu Jie adalah rujak ebi yang terbuat dari beberapa buah seperti mangga muda, jambu merah, bengkoang, kedondong, mentimun, dan pepaya muda. Yang membedakan rujak ini dengan rujak pada umumnya ialah terdapat serutan ebi di atasnya sehingga memberikan rasa segar dan gurih ketika disantap.

Itulah beberapa sajian kuliner khas yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Singkawang. Jangan lupa untuk dicicipi, ya!

https://kumparan.com/hipontianak/sehari-jelajah-kuliner-legendaris-di-singkawang-choipan-hingga-bakmi-68-22X6BrQ5DYV

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations