Selain Ponsel, TPN Ganjar Sebut Polisi Juga Sita Instagram hingga Email Aiman
Selain Ponsel, TPN Ganjar-Mahfud Sebut Polisi Juga Sita Instagram hingga Email Aiman. #newsupdate #update #news #text
Juru bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono, memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jumat (26/1/2024). Foto: Jonathan Devin/kumparan
Juru bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono, memenuhi panggilan pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jumat (26/1/2024). Foto: Jonathan Devin/kumparan

Polda Metro Jaya telah melakukan penyitaan terhadap ponsel milik Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono terkait kasus pernyataannya yang menyebut Polri tidak netral dalam pemilu.

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan, selain ponsel, email dan Instagram pribadi milik Aiman turut disita penyidik.

Todung menilai, penyitaan ini pun tidak wajar dilakukan polisi. Sebab, hingga saat ini, Aiman masih berstatus sebagai saksi.

"Terutama proses penyitaan terhadap HP, terhadap akun Instagram, dan juga email dari saudara Aiman. Nah ini buat kita merupakan suatu aba-aba, suatu warning, bahwa tindakan represif dari aparat penegak hukum itu sudah keterlaluan, sudah melewati kewajaran," kata Todung dalam jumpa pers di Jalan Cemara 19, Jakarta Pusat, Selasa (30/1).

Todung mengaku baru pernah mendengar adanya polisi yang melakukan penyitaan terhadap akun Instagram milik seseorang.

"Saya juga tidak pernah mendengar akun Instagram yang disita. Mungkin ini yang pertama kali dalam sejarah kita, saya juga enggak tahu kalau saya salah. Tapi sepengetahuan saya, belum ada, mungkin saya salah," ucap Todung.

"Email saudara Aiman juga disita. Menurut saya ini sudah berlebihan ya. betul-betul di luar akal sehat kita semua sebagai warga negara, sebagai praktisi hukum, bagaimana seorang saksi bisa diperlakukan seperti ini," tambahnya.

Terakhir, Todung menganggap berbagai penyitaan yang dilakukan polisi terhadap Aiman untuk mendapatkan barang bukti adalah tidak layak.

"Saya tahu bahwa ya pihak kepolisian ya memang berusaha untuk mendapatkan bukti-bukti, tapi kita keberatan yang mendapatkan bukti-bukti dengan cara yang tidak proper seperti ini, karena ini ya sekali lagi saya katakan bukan sebagai tersangka," ucap Todung.

Total ada 6 laporan polisi yang dilayangkan terhadap Aiman Witjaksono karena pernyataannya soal Polri tidak netral dalam Pemilu 2024. Keenam laporan tersebut diterima pada 13 November 2023.

Pelaporan Aiman disebabkan pernyataannya soal Polri yang tidak netral dalam Pemilu 2024. Hal ini disampaikan melalui video di Instagram pribadinya dan kemudian dijabarkan kembali dalam konferensi pers di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 November 2023.

Aiman mempertanyakan soal permintaan sejumlah Polres kepada KPU dan Bawaslu untuk mengintegrasikan CCTV. Ia menduga hal tersebut sebagai upaya untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran.

https://kumparan.com/kumparannews/selain-ponsel-tpn-ganjar-sebut-polisi-juga-sita-instagram-hingga-email-aiman-224JcqWAtZB

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations