Selama Natal dan Tahun Baru Terjadi 79 Kecelakaan Lalu Lintas, 8 Meninggal
Oleh Manado Bacirita
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas

MANADO - Selama periode Operasi Lilin Samrat yang berlangsung sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024, dalam rangka Natal dan Tahun Baru, tercatat telah terjadi 79 kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah hukum Polda Sulawesi Utara (Sulut).

Dari 79 kejadian itu, delapan orang di antaranya meninggal dunia, 17 orang alami luka berat, dan sisanya 110 orang mengalami luka ringan.

“Berarti rata-rata ada kurang lebih lima hingga enam kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi setiap hari,” ujar Dirlantas Polda Sulawesi Utara (Sulut), melalui Kabag Bin Ops Ditlantas, Kompol Ferdinand Runtu.

Ferdinand mengatakan, terjadinya kecelakaan lalu lintas ini, diawali dengan pelanggaran lalu lintas terlebih dahulu. Untuk itu, dia mengajak seluruh masyarakat untuk lebih taat dalam berlalulintas guna menghindari segala bentuk fatalitas yang dapat terjadi.

Lanjut dikatakan Ferdinand, selama Operasi Lilin Samrat tersebut, pelanggaran lalu lintas memang banyak, di mana ada 6.886 bentuk pelanggaran yang terjadi.

Angka ini melonjak hingga lebih dari 2.000 kasus dibandingkan operasi lilin Samrat sebelumnya, yang hanya 4.504 pelanggaran. Namun demikian, dalam pelaksanaannya, karena operasi tersebut bentuknya kemanusiaan, pihaknya memang lebih memberikan punishment bentuk pembinaan, teguran kepada para pengguna jalan.

"Untuk itu kami mengimbau kepada semua pihak untuk mau memberikan edukasi pentingnya menaati aturan lalu lintas, karena hal-hal yang fatal terjadi awalnya disebabkan oleh pelanggaran," ujar Ferdinand.

Namun demikian, Ferdinand mengatakan secara keseluruhan perayaan Natal dan Tahun Baru di Sulut berlangsung aman dan kondusif. Aktivitas masyarakat selama pelaksanaan Hari Raya Natal sampai tahun baru itu berjalan dengan baik.

“Kami menggelar pengamanan di beberapa tempat kegiatan pelaksanaan. Ada yang di Pos Pam ada yang Pos Yan ada yang di Pos Terpadu dan ada juga dilaksanakan pengamanan untuk lokasi tempat ibadah di gereja-gereja,” ujarnya kembali.

manadobacirita

https://kumparan.com/manadobacirita/selama-natal-dan-tahun-baru-terjadi-79-kecelakaan-lalu-lintas-8-meninggal-21uGx6070fo

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations