Semua Orang Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak, dan Persamaan Kewajiban
Oleh Berita Terkini
Semua Orang pada Dasarnya Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak dan Persamaan Kewajiban. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Elevate
Semua Orang pada Dasarnya Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak dan Persamaan Kewajiban. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Elevate

Sebagai warga negara yang baik harus saling menghargai satu sama lain. Mengapa demikian? Karena semua orang pada dasarnya memiliki persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban.

Adanya persamaan tersebut membuat seseorang tidak boleh melakukan suatu hal seenaknya atau melakukan diskriminasi.

Semua Orang pada Dasarnya Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak, dan Persamaan Kewajiban, Ini Penjelasannya!

Semua Orang pada Dasarnya Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak dan Persamaan Kewajiban. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Helena Lopes
Semua Orang pada Dasarnya Memiliki Persamaan Derajat, Persamaan Hak dan Persamaan Kewajiban. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Helena Lopes

Dikutip dari buku Super Complete Kelas 4, 5, 6 SD/MI karya Meity Mudikawaty dkk., (2018) Salah satu nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Nilai ini diwujudkan dalam sila kedua.

Sila kedua ini mengandung makna bahwa setiap manusia harus dihormati, dihargai, dan dilindungi hak-haknya sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Dengan demikian, semua orang pada dasarnya memiliki persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban.

Berikut ini penjelasan lengkap dari persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban.

1. Persamaan Derajat

Persamaan derajat berarti tidak ada manusia yang lebih tinggi atau lebih rendah dari manusia lainnya.

Setiap manusia memiliki martabat dan harkat yang sama, tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin, warna kulit, status sosial, atau hal lain yang bersifat diskriminatif.

Persamaan derajat ini menuntut untuk saling menghormati dan menghargai antara sesama manusia.

2. Persamaan Hak

Persamaan har berarti setiap manusia memiliki hak asasi yang sama, yang melekat pada dirinya sejak lahir dan tidak dapat dicabut oleh siapa pun. Hak asasi manusia (HAM) meliputi hak sipil, politik, ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan.

Beberapa contoh HAM adalah hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk bekerja, hak untuk beragama, hak untuk berserikat dan berkumpul, hak untuk berpendapat, dan sebagainya.

Persamaan hak ini menuntut untuk saling menghormati dan melindungi hak-hak antara sesama manusia. Dengan menghargai persamaan hak bisa menciptakan kehidupan yang damai.

3. Persamaan Kewajiban

Persamaan kewajiban berarti setiap manusia memiliki tanggung jawab yang sama terhadap dirinya sendiri, sesama manusia, masyarakat, bangsa, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa.

Beberapa contoh kewajiban adalah kewajiban untuk membayar pajak, kewajiban untuk ikut serta dalam pertahanan negara, kewajiban untuk menjaga kebersihan lingkungan, kewajiban untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, kewajiban untuk menghormati hukum dan pemerintahan yang sah, dan sebagainya.

Persamaan kewajiban ini menuntut untuk saling menolong dan bekerja sama antara sesama manusia.

Baca juga: Pengamalan Pancasila: Mengakui Persamaan Derajat Hak dan Kewajiban Manusia

Itulah penjelasan mengenai semua orang pada dasarnya memiliki persamaan derajat persamaan hak dan persamaan kewajiban. (WWN)

https://kumparan.com/berita-terkini/semua-orang-memiliki-persamaan-derajat-persamaan-hak-dan-persamaan-kewajiban-223L6cDSkHQ

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations