Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka? Ini Jawabannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka, Foto: Unsplash/Graphicscoco.
Ilustrasi Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka, Foto: Unsplash/Graphicscoco.

Pramuka adalah gerakan pendidikan di luar sekolah yang bertujuan untuk membentuk karakter, kepribadian, dan keterampilan positif pada anak dan remaja. Hymne Pramuka adalah salah satu lagu utamanya. Lantas, siapakah pencipta lagu Hymne Pramuka?

Lagu ini sendiri dinyanyikan setiap Hari Pramuka pada 14 Agustus. Lagu ini juga memiliki makna yang mendalam dan sebagai gambaran mengenai Pramuka yang didasarkan pada nilai-nilai, seperti kesetiaan, kejujuran, kerja sama, dan kepedulian lingkungan.

Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka?

Ilustrasi Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka, Foto: Unsplash/jittawit.21.
Ilustrasi Siapakah Pencipta Lagu Hymne Pramuka, Foto: Unsplash/jittawit.21.

Dikutip dari buku Buku Saku Pandu Bermutu karya Rumisih, M.Pd. (2022: 245), Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang berarti Orang Muda Suka Berkarya.

Di Indonesia, setiap tanggal 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka. Di setiap peringatan inilah para anggota Pramuka menyanyikan lagu Hymne Pramuka.

Lalu, siapakah pencipta lagu Hymne Pramuka itu? Jawabannya adalah Husein Mutahar.

Husein Mutahar lahir pada 5 Agustus 1916 di Semarang. Nama lengkapnya adalah Husein bin Salim bin Ahmad Al-Muthahar.

Pendidikan pertamanya di Europeesche Lagere School (ELS), dilanjutkan di Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) setingkat SMP. Setelah itu, melanjutkan pendidikan di Algemene Middelbare School (AMS) setingkat SMA.

Setelah itu melanjutkan pendidikan di Universitas Gajah Mada, tetapi tidak diselesaikan. Beliau lebih memilih bergabung dengan para pemuda nasionalis yang tergabung di Revolusi Kemerdekaan Indonesia.

Husein pernah mengabdi di istana Presiden di Yogyakarta. Saat terjadi Agresi Militer II yang dilakukan oleh Belanda pada Desember 1948. Kala itu ia dipercaya untuk menyelamatkan Bendera Pusaka dari pihak Belanda.

Husein telah mengemban berbagai jabatan penting sejak Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Dia pernah menjabat sebagai Sekretaris Panglima Angkatan Laut di Yogyakarta dengan pangkat mayor pada tahun 1945, kemudian sebagai Sekretaris Negara di Jogja, dan Pejabat Sekretaris Jenderal Departemen Luar Negeri.

Jabatan terakhir yang dipegang oleh Husein sebelum pensiun adalah Duta Besar Indonesia untuk Vatikan. Dia pensiun pada tahun 1974. Meskipun tidak pernah menikah, Husein memiliki 8 putra dan 2 putri dari beberapa janda yang bersedia memberikan anak-anak mereka untuk diangkat.

Husein meninggal pada 19 Juni 2004. Sesuai keinginannya, ia dimakamkan di pemakaman umum bersama dengan rakyat. TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, menjadi tempat peristirahatan terakhirnya.

Baca Juga: Ulasan Kapan Hari Pramuka Diperingati dan Sejarah Singkatnya

Itulah jawaban soal “Siapakah pencipta lagu Hymne Pramuka?”. Lagu ini diciptakan oleh Husein Mutahar yang sekaligus sebagai pencipta lagu nasional lainnya seperti Syukur. (Umi)

https://kumparan.com/berita-terkini/siapakah-pencipta-lagu-hymne-pramuka-ini-jawabannya-22dLjmUcS93

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations