Simak Begini Cara Transfer & Tarik Tunai Pakai QRIS
QRIS makin keren dengan adanya QRIS Tuntas nih. Bahkan tarik tunai pun tinggal scan barcode aja. Gimana caranya? #bisnisupdate #update #bisnis #text
Pembayaran menggunakan QRIS di Coffeeseum, Museum Nasional Jakarta. Foto: Andari Novianti/kumparan
Pembayaran menggunakan QRIS di Coffeeseum, Museum Nasional Jakarta. Foto: Andari Novianti/kumparan

Bank Indonesia (BI) baru saja merilis fitur QRIS Tuntas. Melalui fitur baru ini, masyarakat bisa melakukan transfer, setor tunai, dan tarik tunai menggunakan QRIS.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan QRIS Tuntas menjadi wujud komitmen BI dalam digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.⁠⁠ Implementasinya QRIS Tuntas bagi PJP yang telah siap mengembangkan fitur ini dimulai secepat-cepatnya 1 September dan paling lambat 30 November 2023, tergantung kesiapan teknologi lembaganya.

Berikut kumparan rangkum cara transfer dan tarik tunai pakai QRIS:

1.QRIS Transfer

Mengutip laman Bank Indonesia, fitur QRIS transfer yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi transfer dana ke antar pengguna QRIS lainnya dengan menggunakan QR code, baik antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) bank maupun PJP bank dan non-bank.

Caranya sangat sederhana, cukup melakukan scan kode QRIS yang sudah di-generate oleh pihak penerima dana terlebih dahulu, lalu pilih sumber dana, pastikan jumlah dana yang akan di transfer sudah sesuai dan masukan pin. Setelah itu akan menerima notifikasi bahwa transaksi telah berhasil.

2.QRIS Tarik Tunai

Pengguna dapat melakukan transaksi penarikan dana dengan cara memindai kode QRIS di mesin ATM atau merchant QRIS yang bertindak sebagai agen atau mitra untuk tarik tunai. Caranya sangat mudah, hanya perlu mendatangi mesin ATM atau merchant QRIS yang menjadi agen dan menginformasikan besaran nominal yang akan ditarik.

Kemudian, scan QR code yang ditampilkan oleh mesin ATM atau merchant QRIS. Selanjutnya pilih sumber dana, lalu pastikan jumlah dana sesuai dengan yang akan ditarik tunai dan masukan pin, maka saldo akan berpindah ke akun merchant. Setelah berhasil, merchant akan menyerahkan uang tunai.

Layanan tarik tunai tanpa kartu atau cardless. Foto: Shutterstock
Layanan tarik tunai tanpa kartu atau cardless. Foto: Shutterstock

Salah satu kelebihan fitur ini adalah pengguna dapat menarik tunai di mesin ATM tanpa harus memiliki rekening bank tertentu. Contohnya, kamu dapat melakukan tarik tunai dari akun Uang Elektronik (UE) PJP non-bank.

QRIS Tuntas merupakan kado ulang tahun Indonesia ke-78. Tak hanya itu, QRIS Tuntas menjadi wujud komitmen BI dalam digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia.

"Yang kita hadiahkan hari ini QRIS Tuntas. Untuk tarik tunai, transfer, dan juga untuk setor," kata Perry di Kompleks BI, Jakarta, Kamis (17/8).

Biaya Tarik Tunai Lewat QRIS

Tarik tunai dengan QRIS Tuntas dikenakan biaya Rp 6.500 per transaksi untuk transaksi on us intra PJP melalui agen, dan transaksi on us antar PJP. Sedangkan transaksi on us intra PJP via ATM tidak dikenakan biaya.

Perry mengatakan tarif itu lebih murah dibandingkan biaya tarik tunai off us saat ini di ATM yang sebesar Rp 7.500, atau tarik tunai melalui agen yang dapat berkisar Rp 10.000 sampai Rp 20.000 per transaksi.

"Makannya, ini hadiah bagi rakyat Indonesia karena murah banget Untuk tarik tunai biayanya Rp 6.500 per transaksi," ungkapnya.

Selanjutnya, untuk tarif transfer menggunakan QRIS Tuntas sama dengan BI Fast yakni Rp 2.500 per transaksi. Bila BI Fast harus memakai akun, QRIS Tuntas bisa menggunakan akun maupun pakai uang elektronik dengan biaya yang sama, yakni Rp 2.500 per transaksi.

Pembeli membayar menggunakan QRIS saat membeli tembakau di Lakonte Bacco, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto
Pembeli membayar menggunakan QRIS saat membeli tembakau di Lakonte Bacco, Depok, Jawa Barat, Rabu (4/1/2023). Foto: Asprilla Dwi Adha/Antara Foto

Bahkan, untuk transaksi sampai dengan Rp 100.000 per transaksi, menggunakan QRIS Tuntas tarifnya lebih murah lagi yaitu Rp 2.000 per transaksi.

"Sehingga ini menyasar bagi masyarakat kita yang belum terkoneksi kepada rekening bank, pakai uang elektronik. Terutama di daerah 3T, terpencil, terluar, dan juga terjauh di sana, itu biayanya lebih murah," tegas Perry.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/simak-begini-cara-transfer-and-tarik-tunai-pakai-qris-211ep56uEbm

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations