Sri Mulyani Cerita Zaman Kuliah: Uang Jajan Rp 15.000/Bulan, Dikirim Lewat Pos
Menteri Keuangan Sri Mulyani bicara mengenai cepatnya perkembangan literasi keuangan. #bisnisupdate #update #bisnis #text
Menkeu Sri Mulyani untuk Game Changer kumparan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Menkeu Sri Mulyani untuk Game Changer kumparan. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Menteri Keuangan Sri Mulyani bicara mengenai cepatnya perkembangan literasi keuangan. Ia mencontohkan berubahnya teknologi pengiriman uang jajan mahasiswa zaman dirinya masih kuliah, dengan era generasi Z sekarang.

Sri Mulyani mengungkapkan uang saku yang ia terima biasanya dikirim lewat Pos Indonesia.

"Saya dulu mahasiswanya kos-kosan uang sakunya dari almarhum orang tua saya hanya Rp 15.000 per bulan. Kalau dapat dari Pos, Kantor Pos, bukan ditransfer seperti mobile banking," ujar Sri Mulyani dalam acara Literasi Keuangan Indonesia Terdepan (Like It) 2023, Senin (14/8).

Menurut Sri Mulyani, kala itu generasinya belum begitu mengenal berbagai instrumen investasi. Uang yang diterima dalam bentuk fisik pun masih disimpan dalam lemari pakaian.

"Di UI itu ada Kantor Pos di depan Salemba, saya ngambil dapat Rp 15.000, enggak tak masukin ke tabungan. Masuklah di lemari ditaruh di bawah koran tempat baju saya, ada yang ngangguk-ngangguk ini berarti generasi saya itu," sambung Sri Mulyani.

"Nah Anda semuanya sekarang beda, kalau Anda sekarang mahasiswa setiap kali cuma kalau lagi telepon cuma pengin dengerin ‘ting’ oh berarti transfer masuk," lanjutnya.

Saat ini, anak-anak muda lebih paham dengan investasi, di mana lebih dari 50 persen investor merupakan pengusaha berumur di bawah 30 tahun.

"Dulu zaman kita enggak ada yang namanya crypto, zaman kita belum ada email, zaman kita belum ada handphone, waktu kami sezaman seperti gen Z," tuturnya.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/sri-mulyani-cerita-zaman-kuliah-uang-jajan-rp-15-000-bulan-dikirim-lewat-pos-20zJuv8oJcP

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations