Surat Yusuf Ayat 4: Bacaan dan Keutamaan Mengamalkannya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/GrStocks
Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/GrStocks

Surat Yusuf ayat 4 adalah salah satu bacaan yang perlu direnungkan oleh umat muslim. Surat ini tergolong sebagai surah Makkiyah karena diturunkan di Kota Makkah. Surat ini mempunyai banyak keutamaan bagi setiap muslim yang membaca atau mengamalkannya.

Surat Yusuf dinamakan demikian karena hampir seluruh isinya mengisahkan tentang perjalanan hidup Nabi Yusuf As. Memahami ayat 4 dalam surat tersebut sangat penting untuk dijadikan amalan sehari-hari.

Bacaan Surat Yusuf Ayat 4

Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/MadrossahSunnah
Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/MadrossahSunnah

Bacaan Surat Yusuf ayat 4 mempunyai banyak keistimewaan, sehingga umat muslim dianjurkan untuk rutin membacanya. Surat ini mengisahkan tentang Nabi Yusuf yang semasa kecil memimpikan sebelas bintang, matahari, dan bulan yang bersujud kepadanya.

Mimpi tersebut adalah tanda bahwa Nabi Yusuf akan menjadi utusan Allah saat sudah dewasa. Adapun bacaan surat tersebut yakni sebagai berikut:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

Arab-Latin: Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.”

Surat ini mengisahkan tentang Nabi Yusuf yang semasa kecil memimpikan sebelas bintang, matahari, dan bulan yang bersujud kepadanya. Mimpi tersebut adalah tanda bahwa Nabi Yusuf akan menjadi utusan Allah saat sudah dewasa.

Keutamaan Membaca Surah Yusuf Ayat 4

Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/MalikShibly
Ilustrasi Surat Yusuf Ayat 4, sumber: unsplash/MalikShibly

Ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh saat mengamalkan Surah Yusuf ayat 4. Beberapa keutamaan tersebut antara lain:

1. Membuat Wajah Berseri

Keutamaan membaca ayat tersebut yang pertama adalah membuat wajah berseri. waktu yang tepat untuk membaca ayat ini adalah setiap selesai sholat.

2. Mendatangkan Jodoh

Mengutip buku Takdir dan Mukjizat Manusia Tertampan Yusuf Alaihi Salam oleh Sulistyawati Khairu (2015), keutamaan lain yang bisa diperoleh dari surat ini yaitu mampu mendatangkan jodoh. Waktu yang tepat untuk membacanya yaitu dibaca tiga kali ketika akan bertemu seseorang yang disuka.

3. Mendatangkan Rasa Cinta

Keutamaan Surat Yusuf ayat 4 yang berikutnya adalah dapat mendatangkan rasa cinta. Mereka yang membaca ayat ini akan dilimpahi rasa cinta dari orang-orang yang melihatnya. Cara mengamalkannya yaitu dengan membacanya berulang kali dengan jumlah ganjil.

Baca juga: Keutamaan Surat Yusuf dan Manfaat Membacanya

Surat Yusuf ayat 4 bisa diamalkan setiap hari sesuai tujuan yang diinginkan. Surat ini mampu mendatangkan banyak kemuliaan, terutama ketika dibaca selesai sholat. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/surat-yusuf-ayat-4-bacaan-dan-keutamaan-mengamalkannya-22RafQxoVg7

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations