Survei Indikator: Kepercayaan pada MK Mulai Pulih Jelang Putusan Gugatan Pilpres
Kepercayaan ini sempat merosot saat MK meloloskan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pada Oktober 2023 lalu. #newsupdate #update #news #text
Sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Jumat (5/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Sidang sengketa hasil Pilpres 2024 di MK, Jumat (5/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Kepercayaan publik terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) dalam survei yang digelar Indikator Politik menunjukkan adanya peningkatan. Kepercayaan ini sempat merosot saat MK meloloskan pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pada Oktober 2023 lalu.

“MK ini sempat turun kan di bulan Oktober, nih, 60-an persen. Sekarang sudah 73 persen,” kata Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, dalam paparannya, Minggu (21/4).

“Mulai pulih tingkat truth terhadap MK,” tambah dia.

Pada survei anyar tersebut, MK berada pada urutan keempat lembaga paling dipercaya secara nasional dengan tingkat kepercayaan mencapai 71 persen. Posisinya di bawah TNI dengan angka 93 persen, Presiden 85 persen, dan Kejaksaan Agung dengan tingkat kepercayaan mencapai 75 persen.

Penyebab kembalinya kepercayaan publik terhadap MK, lanjut Burhanuddin, adalah berkat putusan-putusan positif yang dikeluarkan. Seperti putusan terkait Jaksa Agung, jadwal Pilkada, parlemen threshold, hingga proses persidangan perselisihan hasil pemilihan presiden atau sengketa Pilpres 2024.

“Mungkin beberapa waktu terakhir, kan, MK punya keputusan yang sangat positif di mata publik, ada putusan MK berkaitan dengan Jaksa Agung tidak boleh berasal dari partai politik, itu diapresiasi oleh Publik. Putusan MK agar parlemen threshold itu ditinjau ulang agar bisa mewadahi representasi,” ungkap Burhanuddin.

“Kemudian juga soal jadwal Pilkada, kemudian juga soal transparansi MK terkait dengan sidang PHPU. Itu saya kira membantu MK memulihkan kepercayaannya terutama pasca babak belur setelah mengeluarkan putusan nomor 90 berkaitan dengan syarat capres-cawapres yang banyak dipersoalkan banyak orang,” imbuhnya.

Survei Indikator Politik Indonesia soal persepsi publik atas penegakan hukum, sengketa Pilplres di MK, dan isu-isu terkini usai Pilpres 2024. Foto: Indikator Politik Indonesia
Survei Indikator Politik Indonesia soal persepsi publik atas penegakan hukum, sengketa Pilplres di MK, dan isu-isu terkini usai Pilpres 2024. Foto: Indikator Politik Indonesia

Bagaimana keputusan MK terhadap gugatan Pilpres 2024 yang akan disampaikan besok Senin (22/4), kata Burhanuddin, akan kembali disorot publik.

“Tinggal besok, besok bagaimana. Nanti kita akan cek ya, tapi paling tidak MK mengalami kenaikan,” pungkasnya.

Survei Indikator yang digelar 4-5 April ini menggunakan metode wawancara lewat telepon terhadap 1.201 responden seluruh Indonesia. Sampel dipilih melalui metode Random Digit Dialing (RDD) dengan margin of error survei diperkirakan 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

https://kumparan.com/kumparannews/survei-indikator-kepercayaan-pada-mk-mulai-pulih-jelang-putusan-gugatan-pilpres-22aiScx8MoD

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations