Survei Poltracking: Prabowo Unggul 60% di Jatim; Ganjar 17%, Anies 14%
Survei Poltracking: Prabowo Unggul 60% di Jatim; Ganjar 17%, Anies 14% #newsupdate #update #news #text
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri) bergandengan tangan usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023).  Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
Bakal calon presiden Anies Baswedan (tengah), Ganjar Pranowo (kanan) dan Prabowo Subianto (kiri) bergandengan tangan usai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Lembaga survei Poltracking menggelar rilis survei elektabilitas Pilpres 2024 di wilayah Jawa Timur. Dalam survei ini, pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul 60,1% di wilayah Jawa Timur, disusul pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD; lalu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Dalam simulasi surat suara tiga nama capres-cawapres, Prabowo-Gibran memperoleh angka elektabilitas 60,1%, diikuti Ganjar-Mahfud 17,2% dan Anies-Cak Imin 14,9%," tulis survei Poltracking.

Survei elektabilitas di Jatim. Foto: Poltracking Indonesia
Survei elektabilitas di Jatim. Foto: Poltracking Indonesia

Dalam survei ini juga dijelaskan tren elektabilitas keduanya. Elektabilitas Prabowo-Gibran tampak naik signifikan sejak September 2023 hingga Januari 2024, yaitu sebesar 19,5%.

"Anies-Cak Imin relatif stabil dengan sedikit kenaikan, sedangkan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan," lanjut Poltracking.

Survei elektabilitas di Jatim. Foto: Poltracking Indonesia
Survei elektabilitas di Jatim. Foto: Poltracking Indonesia

Dalam rilis survei itu, Poltracking juga mencatat elektabilitas parpol di Jawa Timur. Hasilnya, partai besutan Cak Imin, PKB, menduduki posisi pertama dengan 24%; disusul PDIP 16,7% dan Gerindra 15,5%, serta Golkar 8,2%.

Sementara itu, partai lain yang diprediksi akan mengantongi suara melebihi ambang batas parlemen di Jatim adalah Partai Demokrat 5,4%; NasDem 5,4%; serta PAN 4,8%.

Elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Foto: Poltracking Indonesia
Elektabilitas partai politik di Jawa Timur. Foto: Poltracking Indonesia

Dari hasil itu, pemilih PKB, menurut Poltracking, terpecah suaranya ke paslon Anies-Cak Imin (44,9%) dan paslon Prabowo-Gibran (42%). Sedangkan partai pengusung Ganjar relatif solid dengan paslon mereka yaitu sebesar 65,5%.

"Pemilih Gerindra, Golkar, NasDem, Partai Demokrat, PAN, PPP cenderung ke Prabowo-Gibran. Pemilih PKB dan PKS cenderung ke Anies-Cak Imin. Pemilih PDIP cenderung ke Ganjar-Mahfud," tulis Poltracking.

Survei ini digelar melalui wawancara tatap muka dengan 8 ribu responden pada 25-31 Januari 2024 yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error lebih kurang 1,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

https://kumparan.com/kumparannews/survei-poltracking-prabowo-unggul-60-di-jatim-ganjar-17-anies-14-2279Cu5AzIk

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations