Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus dan Contoh Teks Pembawa Acara yang Singkat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Setiap tanggal 17 Agustus rakyat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan. Perayaan tersebut dirayakan dengan berbagai cara, contohnya jalan sehat. Agar dapat berjalan dengan lancar, susunan acara jalan sehat 17 Agustus harus dibuat dengan baik.

Susunan acara dibuat bukan tanpa alasan. Hal itu dilakukan agar pada saat acara berlangsung, semuanya berjalan sesuai dengan rencana awal.

Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus 2023

Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Rafael Atantya

Dikutip dari Buku Panduan membawakan Acara di Sekolah: Menjadi Pembawa Acara yang Sukses dan Handal, Purwaningrum (2019), susunan acara adalah rangkaian acara mulai awal hingga akhir yang disusun dan diatur dengan baik agar acara dapat berjalan dengan lancar, baik, dan terstruktur.

Struktur acara yang baik harus memuat segala aktivitas yang ada dari awal hingga akhir. Berikut contoh susunan acara jalan sehat 17 Agustus 2023 di sekolah yang dapat digunakan sebagai referensi.

  • Pembukaan

  • Kata sambutan dari Kepala Sekolah sekaligus membuka acara kegiatan 17-an

  • Doa

  • Penjelasan rute jalan sehat 17 Agustus 2023 oleh Panitia Penanggung Jawab Kegiatan

  • Penerbangan balon/pemotongan pita untuk jalan sehat oleh Kepala Sekolah

  • Pemanasan dan senam sebelum jalan sehat

  • Jalan sehat sesuai rute yang ditentukan

  • Penampilan yel-yel setiap kelas

  • Pembagian hadiah jalan sehat, yel-yel, dan doorprize

  • Penutup

Contoh Teks Pembawa Acara 17-an yang Singkat

Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Rafael Atantya
Ilustrasi Susunan Acara Jalan Sehat 17 Agustus. Sumber: Unsplash/Rafael Atantya

Setelah mengetahui contoh susunan acara, berikut referensi teks pembawa acara 17-an yang singkat.

1. Pembuka

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera dan selamat bagi kita semua.

Yang kami hormati Bapak Kepala Sekolah, Ibu dan Bapak guru, serta murid-murid SMA XX yang telah hadir pada acara Jalan Sehat dalam rangka Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2023.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang maha Esa, karena rahmat dan karunianya kita dapat berkumpul di pagi yang cerah ini. Tak lupa ucapan terima kasih kami haturkan atas kehadiran Bapak/Ibu guru dan murid-murid sekalian dalam memeriahkan acar ini.

2. Membacakan Susunan Acara

Sebelum memasuki acara, izinkan saya untuk membaca susunan acara pada hari ini. (MC membacakan susunan acara yang telah dirancang sebelumnya).

3. Doa Bersama

Sebelum memulai acara pada pagi hari ini, marilah kita panjatkan doa bersama agar acara hari ini diberikan kelancaranan. Doa dipersilakan menurut kepercayaan masing-masing.

4. Sambutan dan Pembukaan Acara Kegiatan

Memasuki acara berikutnya, yaitu pembacaan sambutan dan potong pita/penerbangan balon oleh Bapak Kepala sekolah. Yang terhormat Bapak ___ kami persilahkan untuk maju ke atas panggung.

5. Penjelasan Rute Jalan

Acara selanjutnya yakni penjelasan rute jalan yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ___. Yang terhormat Bapak ___ kami persilahkan untuk maju ke atas panggung.

6. Pemanasan dan Senam

Sebelum memulai jalan sehat, kita semua akan melakukan pemanasan dan senam singkat untuk meregangkan otot-otot di tubuh. Kepada Ibu/Bapak ___ kami persilahkan untuk maju ke atas panggung untuk memimpin pemanasan dan senam.

7. Jalan Sehat

Acara yang dinanti-nanti yaitu jalan sehat. Bagi peserta dihimbau untuk berjalan dengan rapi maksimal dua jejer di sisi kiri jalan. Selamat jalan sehat!

8. Penampilan Yel-yel

Setelah jalan sehat, kini setiap perwakilan kelas diharapkan untuk bersiap untuk melakukan yel-yel di atas panggung. Bagi kelas __ diharapkan untuk bersiap ke atas panggung.

9. Pembagian Hadiah dan Doorprize

Sebelum memasuki akhir acara, ada banyak hadiah dan puluhan doorprize yang disiapkan oleh panitia. Bagi yang ingin mendapatkan hadiah menarik, bersiap untuk menjawab pertanyaan dari MC.

10. Penutup

Bapak/Ibu guru dan seluruh murid SMA XX, tibalah kita di penghujung acara. Terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dan seluruh murid dalam acara jalan sehat 17 Agustus di SMA XX. Saya mewakili segenap panitia memohon maaf apabila ada kesalahan dalam tutur kata selama rangkaian acara. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca juga: 5 Ide Lomba 17 Agustus yang Seru untuk Anak-anak hingga Dewasa

Itulah contoh susunan acara jalan sehat 17 Agustus dan teks pembawa acara yang dapat dijadikan referensi. Susunan acara dan teks MC dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. (FAR)

https://kumparan.com/berita-terkini/susunan-acara-jalan-sehat-17-agustus-dan-contoh-teks-pembawa-acara-yang-singkat-20zP26mdCIq

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations