Syair Lagu Hymne Pramuka dan Makna yang Terkandung di Dalamnya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/MufidMajnun
Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/MufidMajnun

Tuliskan syair lagu Hymne Pramuka yang lengkap. Pertanyaan tersebut harus bisa dijawab oleh setiap anggota pramuka, mulai dari tingkat siaga, penggalang, dan penegak.

Lagu Hymne Pramuka umumnya dinyanyikan dalam upacara peringatan Hari Pramuka Nasional yang diselenggarakan pada 14 Agustus setiap tahunnya. Selain mengetahui liriknya, anggota pramuka juga perlu memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Syair Lagu Hymne Pramuka

Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/BudiGustaman
Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/BudiGustaman

Tuliskan syair lagu Hymne Pramuka! Sebelum mengetahui syairnya, perlu diingat bahwa lagu ini diciptakan oleh Sayyid Muhammad Husain Al Mutahar atau H. Mutahar.

Ia lahir pada 5 Agustus 1916 di Semarang, Jawa Tengah dan menjadi salah satu tokoh nasional yang penting. Selain menciptakan Hymne Pramuka, beliau juga mencetuskan ide Paskibraka. Mengutip Tematik 3H Praja Muda Karana Kurikulum 2013 oleh Elah Nurelah & Supriyadi (2021), lirik Hymne Pramuka yakni sebagai berikut:

Kami Pramuka Indonesia

Manusia Pancasila

Satyaku kudarmakan

Darmaku kubaktikan

Agar jaya Indonesia

Indonesia Tanah airku

Kami jadi pandumu

Makna Lagu 'Hymne Pramuka'

Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/HusniatiSalma
Ilustrasi Tuliskan syair lagu hymne pramuka, sumber: unsplash/HusniatiSalma

Setiap lagu yang diciptakan oleh Husein Mutahar selalu menyimpan makna yang mendalam. Adapun interpretasi dari lagu tersebut yakni sebagai berikut:

  • "Kami Pramuka Indonesia" memiliki makna bahwa setiap anggota pramuka merupakan muda-mudi yang semangat menghasilkan karya.

  • "Manusia Pancasila" menggambarkan bahwa setiap anggota pramuka senantiasa berpegang teguh pada ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni Pancasila.

  • "Satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan" memiliki makna bahwa ada janji dan komitmen yang harus dipegang teguh oleh para anggota pramuka. Semua janji tersebut wajib ditepati dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

  • "Agar jaya Indonesia" memiliki makna bahwa tujuan dari gerakan pramuka secara luas adalah membuat negara Indonesia jaya, sehingga rakyatnya makmur dan sejahtera.

  • "Indonesia Tanah airku" menggambarkan bahwa hanya Indonesia tanah air kita yang harus dijaga.

  • "Kami jadi pandumu" mengandung makna bahwa anggota pramuka akan menjadi perintis kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Sejarah Hari Pramuka di Dunia dan Indonesia

Itulah jawaban dari pertanyaan tuliskan syair lagu Hymne Pramuka. Dengan begitu, dapat dipahami bahwa syair tersebut mengandung makna yang mendalam tentang pentingnya menjadi anggota Pramuka yang cinta tanah air. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/syair-lagu-hymne-pramuka-dan-makna-yang-terkandung-di-dalamnya-21lIqWzPO92

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations