Tak Hanya Sampaikan Komitmen, Anies Punya Rekam Jejak Berantas Korupsi
Anies mengatakan komitmen berantas korupsi merupakan lanjutan dari apa yang sudah dikerjakan selama ini.
Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya pada acara Paku Integritas KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan
Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya pada acara Paku Integritas KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Capres nomor urut 01 Anies Baswedan menegaskan komitmen pemberantasan korupsi bukan hanya karena kebetulan jadi calon presiden dan calon wakil presiden, melainkan merupakan komitmen sudah yang lama dijalankan.

"Kami berkomitmen bukan sekadar, karena saat ini menjadi tanggungjawab untuk calon presiden dan calon wakil presiden, dan diminta komitmennya di KPK,” kata Anies didampingi calon wakil presiden Muhaimin Iskandar saat menjadi pemapar pertama dalam acara Paku Integritas Calon Presiden dan Wakil Presiden yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu malam (17/1/2024) di Gedung KPK.

Anies mengungkapkan komitmen untuk terlibat dalam pemberantasan korupsi sudah lama dijalankan. Bahkan dari zaman ketika masih menjadi mahasiswa, dirinya sudah aktif memerangi praktik-praktik korupsi di era KKN merajalela.

Kemudian komitmen itu berlanjut saat dirinya bertugas menjadi akademisi dan dipercaya menjadi Rektor Universitas Paramadina.

“Kami menetapkan mata kuliah antikorupsi sebagai mata kuliah wajib yang harus diambil oleh setiap mahasiswa dan waktu bekerja sama dengan KPK. Barangkali menjadi satu-satunya universitas di Indonesia, bahkan mungkin di dunia yang menjadikan mata kuliah antikorupsi sebagai mata kuliah wajib, dan tujuannya seperti disampaikan Bapak Gufron tadi di aspek pendidikan untuk mematikan suplai potensi koruptor,” ujarnya.

Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadiri acara Paku Integritas KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan
Paslon nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menghadiri acara Paku Integritas KPK di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/1/2024). Foto: Fadhil Pramudya/kumparan

Lalu komitmen itu dilanjutkan ketika bertugas selaku Gubernur DKI Jakarta. Anies membuat Komisi Pemberantasan Korupsi di Ibu Kota.

“Ini dikerjakan untuk mencegah tindak korupsi di dalam Pemprov DKI Jakarta. Soal ini soal serius, bukan soal main-main, bukan soal guyonan, ini adalah persoalan korupsi yang amat mendasar harus dibereskan,”tegasnya.

Seraya menambahkan, komitmen yang disampaikan Anies malam ini adalah komitmen lanjutan apa yang sudah dikerjakan selama ini.

“Ini adalah komitmen lama yang akan kami teruskan, Insya Allah ketika kami ditugaskan, maka integritas menjadi faktor nomor satu dalam penentuan-penentuan di pemerintah,”tuturnya.

Anies pada kesempatan tersebut juga berjanji akan memegang dan menjalankan komitmen dalam pemberantasan korupsi saat nanti terpilih jadi presiden dan menyusun kabinetnya.

“Termasuk ketika penyusunan kabinet, penyusunan pimpinan lembaga, dan nama-nama menjadi anggota pimpinan KPK. Ini semua bagian dari komitmen kita, untuk mengembalikan kepercayaan rakyat kepada pemimpin, kepercayaan rakyat pada Pemerintah bisa pulih kembali, dan dengan kepercayaan, kami yakin Indonesia bisa meraih apa dijanjikan oleh kemerdekaan seperti yang disampaikan tadi," jelasnya.

"Empat hal ini hanya bisa dicapai, bila kita menjunjung tinggi integritas, kompetensi, dan inilah komitmen yang kami berikan kepada rakyat Indonesia, pada forum yang terhormat malam ini,” tutup dia.

(PNS)

https://kumparan.com/kumparannews/tak-hanya-sampaikan-komitmen-anies-punya-rekam-jejak-berantas-korupsi-21zSiyUHjy5

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations