Teks Ibadah Jumat Agung 2024 tentang Pengorbanan yang Indah
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi teks ibadah jumat agung 2024 - Sumber: Pexels/Luis Quintero
Ilustrasi teks ibadah jumat agung 2024 - Sumber: Pexels/Luis Quintero

Jumat Agung 2024 akan diperingati pada tanggal 29 Maret 2024. Teks ibadah Jumat Agung 2024 banyak dicari untuk memberikan renungan.

Di hari itu, umat Kristiani akan beribadah di gereja guna mengenang wafat dan sengsaraNya Kristus. Berdasarkan keputusan Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) yang dikutip dari website resmi www.pgi.or.id, tema Paskah 2024 adalah "Hidup Sebagai Alat KebenaranNya"

Teks Ibadah Jumat Agung 2024

Ilustrasi teks ibadah jumat agung 2024 - Sumber: Pexels/Julia Volk
Ilustrasi teks ibadah jumat agung 2024 - Sumber: Pexels/Julia Volk

Meski tema besar Paskah 2024 adalah "Hidup sebagai Alat KebenaranNya", masing-masing gereja bisa menentukan tema kotbah sendiri. Tema yang kerap diusung kala Paskah adalah tentang pengorbanan Kristus di kayu salib.

Berikut ini adalah contoh teks ibadah Jumat Agung 2024 yang berjudul kasih tanpa batas.

Shalom jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus
Pada hari ini kita semua merayakan Jumat Agung. Hari ini kita mengenang akan wafat dan sengsara Yesus di atas kayu salib demi menebus dosa kita semua. Yesus telah melakukan pengorbanan yang begitu besar bagi manusia.
Pengorbanan itu indah! Pernyataan itu bukan suatu kata-kata klise semata, tetapi suatu realita yang dapat dialami orang-orang percaya.
Keindahan suatu pengorbanan tampak dalam diri Tuhan Yesus. Karena kasih Ia rela meninggalkan takhta surga untuk datang melayani di dunia fana. Ia rela mati di atas kayu salib untuk menebus manusia berdosa yang hina. Pengorbanan-Nya itu indah karena mendatangkan keselamatan bagi dunia dan kemuliaan bagi Allah.
Yesus Kristus tidak pernah melakukan kesalahan apapun baik di hadapan Allah maupun manusia (II Kor 5:21; I Pet 2:22). Dalam kehidupan-Nya di dunia Ia tidak pernah membawa kerugian bagi umat manusia, melainkan Ia selalu membagi kasih dan damai sejahtera.
Melalui pelayanan cinta-Nya orang buta dapat melihat, orang lumpuh dapat berjalan, orang kusta ditahirkan, orang sakit disembuhkan, dan orang mati dibangkitkan. Ia mengajar dengan penuh kuasa dan memberitakan Injil damai sejahtra.
Ia tidak pernah berbuat salah, tetapi Ia rela menerima hukuman salib dengan lapang dada. Tuhan Yesus disesah dan disiksa. Ia dipaksa memikul salib menuju bukit Golgota.
Dengan mengenakan mahkota duri di kepala-Nya, Tuhan Yesus dipaku di atas kayu salib yang nista. Meski demikian, tidak ada kata sungut ataupun kutuk yang keluar dari mulut-Nya. Sebaliknya, segala kejahatan itu dibalasNya dengan pengampunan dan cinta. “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat,” itulah seru doa-Nya (Lukas 23:34).
Yesus rela untuk mati di atas salib, karena Ia tahu bahwa itulah jalan untuk menyelamatkan umat manusia. Ia rela berkorban karena kasih-Nya pada orang-orang yang berdosa.
Jalan salib memerlukan korban. Tuhan Yesus telah melaluinya. Ia juga menghendaki agar kita berjalan di jalan salib bersama dengan-Nya. Menapaki jalan salib memang perlu pengorbanan, tetapi pengorbanan itu indah jika dilakukan di dalam kasih Tuhan. Pengorbanan itu indah karena memuliakan Allah di surga dan menjadi berkat bagi sesama di dunia.

Baca juga: Jadwal Rangkaian Ibadah Minggu Paskah 2024

Semoga teks ibadah Jumat Agung 2024 ini dapat menjadi inspirasi bagi umat yang percaya untuk terus meneladani Yesus Kristus. Selamat mempersiapkan Paskah! (SASH)

https://kumparan.com/berita-terkini/teks-ibadah-jumat-agung-2024-tentang-pengorbanan-yang-indah-22PHccF70KH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations