Telkomsel Beri Literasi Digital Pelajar Guru RI Lewat Internet BAIK Series 8
Telkomsel menggelar program Internet BAIK Series 8 buat meningkatkan literasi digital para pelajar dan guru di RI. #kumparanTECH
Telkomsel Internet BAIK Series 8 Foto: Telkomsel
Telkomsel Internet BAIK Series 8 Foto: Telkomsel

Telkomsel menggelar program Internet BAIK Series 8. Acara ini bertujuan meningkatkan literasi digital lebih dari 1.000 pelajar dan guru se-Indonesia.

Acara digelar melalui pelatihan berupa seminar, workshop dan bootcamp intensif terkait tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital. Salah satu tujuan digelarnya acara ini adalah untuk menanggulangi penyebaran konten negatif.

Program Internet BAIK Series 8 diharap dapat meningkatkan indeks literasi digital nasional yang sejalan dengan Gerakan Nasional Literasi SiBerkreasi Kominfo RI.

“Program ini (dapat) mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam menyebarkan konten positif dan produktif di dunia digital, serta mengajak semua kalangan untuk mencegah potensi dampak negatif dari perkembangan informasi di internet,” kata Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria.

Acara Roadshow Internet BAIK Series 8 yang mengusung tema “Empower Creative Generation” di Kediri, Jawa Timur. Foto: Telkomsel
Acara Roadshow Internet BAIK Series 8 yang mengusung tema “Empower Creative Generation” di Kediri, Jawa Timur. Foto: Telkomsel

VP Corcomm & Social Responsibility Telkomsel Saki H. Bramono, mengatakan, berdasarkan laporan dari Institute for Management Development (IMD) dalam World Digital Competitive News Ranking 2023, Indonesia menempati urutan ke-45 dari total 64 negara.

Hal ini menegaskan bahwa meskipun Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang cukup tinggi, namun tidak semua pengguna internet memiliki literasi digital yang baik.

“Telkomsel secara khusus menghadirkan Program Internet BAIK yang terinspirasi dari semangat Indonesia untuk berbagi harapan dalam meningkatkan literasi digital generasi muda Indonesia, sebagai langkah untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang dalam era transformasi digital,” kata Saki.

Sejak digelar Januari 2024, Telkomsel telah menggelar roadshow literasi digital ke lebih dari 1.000 peserta termasuk para guru/tenaga pendidik, orang tua, komunitas, pelajar, serta siswa/siswi penyandang disabilitas dari SLB setingkat SMA dari 40 sekolah di empat kota, yakni Medan, Tasikmalaya, Banjarbaru, dan Kediri.

Program pelatihan yang dihadirkan antara lain:

Seminar bersama profesional dan praktisi yang berbagi wawasan dan pengalaman mereka tentang tren terkini dan tantangan di dunia kreatif digital.

Workshop dan bootcamp kecakapan kreatif digital secara luring dan daring untuk meningkatkan dan mendukung pengembangan pengetahuan, wawasan, dan kreativitas dalam menggunakan ragam platform digital, seperti Adobe Express, E-Repository hingga Figma.

Telkomsel telah menggelar roadshow literasi digital yang telah menjangkau lebih dari 1.000 peserta, termasuk para guru, orang tua, komunitas, pelajar, serta siswa/siswi penyandang disabilitas, dari SLB setingkat SMA dari 40 sekolah. Foto: Telkomsel
Telkomsel telah menggelar roadshow literasi digital yang telah menjangkau lebih dari 1.000 peserta, termasuk para guru, orang tua, komunitas, pelajar, serta siswa/siswi penyandang disabilitas, dari SLB setingkat SMA dari 40 sekolah. Foto: Telkomsel

Hingga saat ini, program Internet BAIK Series 8 telah menghadirkan antara lain:

  • Empat seminar literasi digital

  • 24 kelas on-site training

  • 30 online training

Program Internet BAIK telah menciptakan 158 bahan ajar digital yang dibuat oleh para guru dan pendidik, yang mencakup berbagai topik pembelajaran seperti:

  • Bahasa Indonesia

  • Biologi

  • Fisika

  • Kimia

  • Geografi

Bahan ajar tersebut memungkinkan siswa dari beragam latar belakang untuk mengakses dan menguasai konten digital dengan lebih mudah.

Program Internet BAIK juga telah melahirkan 133 prototype Aplikasi Mobile dan Aplikasi Web yang dibuat oleh para pelajar yang mendorong siswa untuk mencoba membuat Prototipe aplikasi yang bermanfaat di masa depan.

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2016, program ini telah memberikan manfaat kepada lebih dari 20 ribu pelajar di lebih dari 1.400 sekolah, serta lebih dari 9 ribu guru, orang tua, dan anggota komunitas di lebih dari 240 kota/kabupaten di seluruh penjuru Indonesia, hingga menciptakan lebih dari 1.100 Digital Creative Content, 189 bahan ajar digital dan 165 prototype mobile apps.

https://kumparan.com/kumparantech/telkomsel-beri-literasi-digital-pelajar-guru-ri-lewat-internet-baik-series-8-22hB7Rp0omG

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations