Terangkan Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945, Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945, Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945 merupakan sesuatu yang erat dan saling melengkapi dalam landasan berbangsa dan bernegara Indonesia. Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia dan UUD NRI tahun 1945 sebagai konstitusi negara.

Keduanya memainkan peran penting dan saling melengkapi dalam mengatur sistem pemerintahan, hak-hak dan kewajiban warga negara, serta nilai-nilai yang dijunjung tinggi dalam negara Indonesia.

Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945

Ilustrasi terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945, Sumber: Pexels/el jusuf
Ilustrasi terangkan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945, Sumber: Pexels/el jusuf

Pancasila sebagai ideologi negara, memiliki peran sentral dalam menggambarkan identitas bangsa Indonesia. Prinsip-prinsip ini membentuk dasar dari negara Indonesia, menggariskan cita-cita negara, serta memandu pembuatan kebijakan dan undang-undang.

Sedangkan UUD 1945 mengatur struktur pemerintahan, hak asasi manusia, pembagian kekuasaan, serta kewenangan lembaga-lembaga negara. Dalam pembukaan UUD NRI tahun 1945 juga tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang diakui keberadaannya.

Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 yaitu Pancasila menjadi pilar utama dalam penyusunan UUD NRI Tahun 1945 dan memberikan arah bagi negara Indonesia untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur.

Mengutip dari situs lib.lemhannas.go.id, UUD NRI 1945 juga memiliki hubungan yang sangat erat dan tidak terpisahkan dengan Pancasila, karena sila-sila Pancasila terdapat dalam pembukaan UUD 1945, khususnya alinea keempat.

Hubungan antara Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 dapat dijelaskan dari beberapa aspek. Pertama, Pancasila sebagai dasar filsafat negara membentuk landasan moral bagi penyusunan UUD NRI Tahun 1945.

Nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila menjadi pedoman bagi para pembentuk UUD 1945 untuk menyusun ketentuan hukum yang adil dan berkeadilan.

Kedua, UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi tertulis memberikan pengakuan dan legitimasi bagi Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan disebutkan Pancasila dalam pembukaan UUD, maka Pancasila menjadi bagian integral dari hukum dasar negara dan harus dijunjung tinggi oleh seluruh warga negara.

Ketiga, Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945 bersifat tidak terpisahkan dan saling melengkapi. Pancasila memberikan tujuan negara, sementara UUD 1945 memberikan instrumen hukum konkret untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945

Itulah penjelasan hubungan antara Pancasila dan UUD NRI tahun 1945. Keduanya bersama-sama membentuk pondasi kuat bagi negara Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bersama menuju masyarakat yang adil dan makmur. (RIZ)

https://kumparan.com/berita-terkini/terangkan-hubungan-antara-pancasila-dan-uud-nri-tahun-1945-20voqHYXOIe

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations