Terungkap di Reses DPRD Sulut, SMAN 1 Ratahan Timur Hanya Punya 1 Gedung Belajar
Oleh Manado Bacirita
Anggota DPRD Sulawesi Utara, Farry Liwe, saat mengunjungi langsung SMA Negeri 1 Ratahan Timur di Kabupaten Minahasa Tenggara. (foto: istimewa)
Anggota DPRD Sulawesi Utara, Farry Liwe, saat mengunjungi langsung SMA Negeri 1 Ratahan Timur di Kabupaten Minahasa Tenggara. (foto: istimewa)

MANADO - Anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut), Farry Liwe, mendapati jika SMA Negeri 1 Ratahan Timur yang terletak di Desa Wioi, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), hanya memiliki satu gedung belajar.

Hal ini terungkap saat dirinya menggelar reses di daerah Kabupaten Mitra. Beberapa guru curhat kepada dirinya tentang fasilitas yang tidak memadai untuk sekolah tersebut.

"Mereka (sekolah) minta ruang kelas baru, ruang guru, dan fasilitas lainnya. Ternyata di sana hanya ada satu gedung untuk ruang belajar," kata Farry.

Menurut Farry, para guru mengakui harus bisa membagi bangunan itu untuk aktivitas belajar, karena sekolah yang berdiri sejak tahun 2015 sudah ada semua jenjang kelas yang tentunya harus memiliki ruang kelas atau belajar terpisah.

Selain memiliki kelas X, XI dan XII, sekolah juga harus memiliki ruang guru yang tidak dimiliki oleh sekolah tersebut.

"Jadi hanya satu (gedung) itu. Perlu kalau boleh dianggarkan dalam APBD Perubahan. Karena kondisi ini berdampak ke penerimaan siswa di sekolah tersebut yang hanya sedikit," katanya.

"Ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi karena tingkatan SMA dan SMK itu kewenangan Provinsi," ujarnya kembali.

Sementara itu, di kondisi sekolah yang hanya memiliki satu bangunan belajar itu juga tercatat dalam Data Pokok milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di website tersebut tertulis jika ruang kelas memang hanya ada satu saja.

ivo

https://kumparan.com/manadobacirita/terungkap-di-reses-dprd-sulut-sman-1-ratahan-timur-hanya-punya-1-gedung-belajar-218hiaYUJMB

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations