Thaksin Bebas dari Penjara Thailand Awal 2024
Hukuman Thaksin oleh Raja Thailand dikorting dari delapan tahun. #NewsUpdate #Update #News #Text
Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra tiba untuk menyambut para pendukungnya setelah mendarat di bandara Don Mueang Bangkok pada 22 Agustus 2023.

Eks Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra bisa bebas pada awal 2023. Ia dipenjara selama satu tahun setelah pulang dari pengasingan.

Hukuman Thaksin oleh Raja Thailand dikorting dari delapan tahun. Menurut otoritas penjara di Thailand pada Senin (19/9), setidaknya Thaksin bisa bebas bersyarat pada Februari 2024.

Thaksin divonis penjara setelah dinyatakan bersalah atas berbagai dakwaan termasuk penyalahgunaan kekuasaa hingga konflik kepentingan.

Thaksin pun mengasingkan diri belasan tahun di luar negeri. Ia baru kembali ketika partai yang didukung keluarganya Pheu Thai menang pemilu pada Mei lalu.

Saat menginjakkan kaki di Thailand, Thaksin langsung dibawa ke penjara. Baru sehari ditahan dia dilarikan ke rumah sakit karena sakit dada dan darah tinggi.

Sehari kemudian, Raja Thailand menyatakan, hukuman Thaksin dipotong karena berjasa bagi Thailand. Kini, Thaksin tinggal menunggu waktu untuk menghirup udara bebas.

"Setelah menjalani hukuman enam bulan, Thaksin bisa mengajukan bebas bersyarat yang berlaku bagi napi berusia 70 tahun atau sedang sakit," kata Deputi Dirjen Lembaga Permasyarakatan Thailand Sitthi Sutivong seperti dikutip dari Reuters.

"Departemen Permasyarakatan melakukan penilaian bagi setiap kasus dan tidak ada permohonan pembebasan bersyarat dalam kasus ini," sambung dia.

https://kumparan.com/kumparannews/thaksin-bebas-dari-penjara-thailand-awal-2024-21DcPOZoghu

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations