Tiga Manfaat Keanekaragaman Budaya dalam Masyarakat
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya, sumber: unsplash/MathisJrdl
Ilustrasi Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya, sumber: unsplash/MathisJrdl

Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya dalam masyarakat! Keanekaragaman sosial budaya adalah salah satu aset berharga bagi masyarakat dan negara. Hal ini sebagai wujud kekayaan Indonesia sebagai negara multikultural.

Kekayaan budaya tersebut berupa keragaman suku, adat istiadat, bahasa, agama, dan lain-lain. Memahami manfaat dari keanekaragaman ini sangat penting untuk meningkatkan cinta tanah air.

Tiga Manfaat Keanekaragaman Budaya

Ilustrasi Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya, sumber: unsplash/PolinaKuzovkova
Ilustrasi Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya, sumber: unsplash/PolinaKuzovkova

Tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya dalam masyarakat. Mengutip buku Membaca Indonesia oleh Ahmad Faizin & David Efendi (2020), keanekagraman merupakan persatuan yang indah jka diimbangi dengan kehidupan yang aman dan tentram. Adapun penjelasannya yakni sebagai berikut:

1. Sumber Pengetahuan Dunia

Manfaat keanekaragaman budaya yang pertama yakni sebagai sumber pengetahuan dunia. Melalui keanekaragaman, suatu bangsa bisa mendapatkan beragam jenis pengetahuan yang menarik.

Semakin banyak budaya yang dimiliki suatu negara, semakin banyak pula sumber pengetahuan yang dimiliki oleh bangsanya. Pengetahuan tersebut dapat dibagikan kepada orang-orang dari berbagai latar belakang untuk dijadikan inspirasi yang berkaitan dengan beragam aspek kehidupan.

2. Menumbuhkan Sikap Nasionalisme

Keanekaragaman budaya juga bermanfaat untuk menumbuhkan sikap nasionalisme. Sikap ini penting dimiliki oleh setiap orang untuk membangun kesatuan dan persatuan dalam masyarakat.

Dengan memiliki sikap nasionalisme, setiap orang akan mempunyai rasa cinta dan bangga terhadap negaranya. Hal ini sangat penting untuk menjaga keutuhan negara dan memperkuat identitas bangsa.

Tidak hanya itu, rasa persatuan dan kesatuan antarwarga negara juga akan terjalin. Setiap warga negara akan memiliki empati yang tinggi terhadap nasib bangsa ini.

3. Melestarikan Budaya

Melestarikan budaya merupakan benefit lain yang bisa diperoleh dari keragaman sosial budaya. Hal ini memungkinkan masyarakat untuk turut melindungi warisan budaya Indonesia. Contohnya, seperti bahasa, tarian, tradisi, musik, dan banyak lagi. Jika tidak diimbangi dengan upaya pelestarian yang baik, maka budaya ini akan terlupakan atau bahkan hilang.

Perlu diingat bahwa budaya menjadi bagian penting dari identitas suatu kelompok masyarakat. Melestarikan budaya akan mendorong masyarakat tetap terhubung dengan asal-usul mereka dan menanamkan rasa bangga terhadap akar atau tempatnya berasal

Baca juga: Alasan Indonesia Memiliki Keanekaragaman Budaya, Suku, Ras, Agama, dan Adat

Itulah jawaban dari soal tuliskan tiga manfaat keanekaragaman budaya dalam masyarakat. Budaya membawa serangkaian nilai dan norma yang membentuk perilaku dan cara pandang masyarakat. Dengan melestarikannya, maka nilai-nilai tersebut akan tetap bertahan dan diwariskan secara turun temurun. (DLA)

https://kumparan.com/berita-terkini/tiga-manfaat-keanekaragaman-budaya-dalam-masyarakat-21abSQ53zkb

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations