Tiket.com Ungkap Kriteria Gen Z dan Milenial saat Pilih Akomodasi Liburan
Tiket.com mengungkap kriteria akomodasi liburan traveler Gen Z dan Milenial. #kumparanTRAVEL #newsupdate
com-Ilustrasi liburan Foto: Shutterstock
com-Ilustrasi liburan Foto: Shutterstock

Setiap traveler tentu memiliki preferensi yang berbeda-beda saat liburan. Mulai dari pemilihan destinasi hingga akomodasi, semuanya tentu memiliki pilihannya masing-masing.

Selain dari individu itu sendiri, rentang usia ternyata juga berpengaruh terhadap pencarian atau pemilihan akomodasi saat liburan.

Hal itu pun disampaikan oleh SVP of Accomodation tiket.com, Cisyelya Bunyamin, yang mengatakan bahwa ada kriteria tertentu antara Gen Z dan Milenial dalam pemilihan akomodasi, khususnya di platform tiket.com. Menurutnya, sosial media memiliki peran yang besar dalam pemilihan kriteria akomodasi atau penginapan yang dipilih.

Co-Founder & Chief Marketing Officer, Gaery Undarsa (tengah), SVP of Accomodation tiket.com, Cisyelya Bunyamin (kanan), dan SVP of Brand Marketing tiket.com, Maria Risa Puspitasari (kiri) dalam konferensi pers promo OTW tiket.com. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Co-Founder & Chief Marketing Officer, Gaery Undarsa (tengah), SVP of Accomodation tiket.com, Cisyelya Bunyamin (kanan), dan SVP of Brand Marketing tiket.com, Maria Risa Puspitasari (kiri) dalam konferensi pers promo OTW tiket.com. Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan

"Jadi, memang sekarang itu pengaruh media sosial sangat tinggi, sehingga yang direkomendasikan di media sosial biasanya dapat present yang lebih besar. Biasanya, ya, in general faktor-faktor yang mereka lihat adalah Instagramable enggak propertinya, lucu nggak buat foto, ada spot cantik enggak gitu. Jadi buat mereka yang Instagramable," kata Cisyelya, saat ditemui kumparan di acara konferensi pers promo Online Tiket Week (OTW) tiket.com di Wisma Barito Pacific II, Jakarta, Senin (26/2).

Berbeda dengan generasi yang lainnya, seperti milenial yang tidak terlalu memusingkan pemilihan akomodasi. Asal tempat itu bersih, nyaman, dan memiliki harga yang masuk di budget, hal itu sudah cukup.

"Kalau buat angkatan aku kan nggak juga yang penting clean, generasi kita ya," lanjutnya.

Pengaruh Media Sosial Terhadap Pemilihan Akomodasi

Ilustrasi bermain sosial media. Foto: Shutterstock
Ilustrasi bermain sosial media. Foto: Shutterstock

Lebih lanjut, perempuan yang akrab disapa Bu Cis itu juga mengatakan bahwa media sosial memiliki peran yang besar dalam pemilihan akomodasi. Bahkan, media sosial dianggap sebagai penentu mereka dalam memilih akomodasi.

"Kalau anak sekarang sangat terpapar dan terekspos dengan sosial media punya rekomendasi jadi apa yang di TikTok, Instagram itu sangat memberikan kontribusi dalam decision making (pembuatan keputusan) mereka," lanjutnya.

Selain itu, jika bicara soal fasilitas yang ada di hotel. Menurutnya antara Gen Z dan Milenial tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Misalnya penginapan itu sudah memiliki Wi-Fi gratis yang kencang dan juga tempatnya viral.

"Tentunya Wi-Fi sudah pasti itu, kayak kalau enggak ada mereka enggak mau, karena itu penting buat mereka. Kemudian destinasinya obviously yang happening yang lagi viral apa nih. Misalnya kemarin kayak yang viral Vietnam, wah langsung buru-buru pesan tiket pesawat atau Labuan Bajo misalnya yang lagi viral diikuti juga," katanya.

Tipe Penginapan yang Dipilih

Ilustrasi traveler Gen Z Foto: Dok. Booking.com
Ilustrasi traveler Gen Z Foto: Dok. Booking.com

Selain itu, ada satu lagi kriteria Gen Z dan Milenial dalam memilih penginapan. Menurut Bu Cis, kebiasaan mereka yang senang pergi secara berkelompok atau bareng teman-teman juga mempengaruhi pemilihan akomodasi.

"Jadi, anak sekarang mereka senang pergi ramai-ramai, ya. Kita sebutnya close friends, bestie-bestie, ya. Nah, kalau mereka perginya bareng-bareng gitu itu mereka suka booking vila. Makanya kami juga perhatikan dari sisi kami, ya permintaan vila itu semakin tinggi, terutama yang two bedroom (dua kamar) ke atas," ujarnya.

Ada alasan kenapa mereka memilih vila dengan dua kamar (two bedroom) atau tiga kamar tidur (three bedroom). Selain menawarkan ruang yang lebih private, vila juga menawarkan keseruan bareng teman-teman.

"Kalau mereka booking vila two bedroom, three bedroom itu seru, efeknya dapet mereka. Kalau Bali banyak banget swimming pool di dalam vila, ya. Jadi, privasinya tinggi, terus mereka bisa have fun dan traveling with friends gitu," tutupnya.

https://kumparan.com/kumparantravel/tiket-com-ungkap-kriteria-gen-z-dan-milenial-saat-pilih-akomodasi-liburan-22ExDgA0y32

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations