Tim Indonesia Sabet 4 Medali di Ajang iGeo 2023
Ajang olimpiade internasional yang dihelat di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 8 hingga 14 Agustus itu diikuti 287 peserta. #kumparanBUZZ #newsupdate
Indonesia raih empat medali di iGeo 2023. Foto: Dok. Kemendikbud
Indonesia raih empat medali di iGeo 2023. Foto: Dok. Kemendikbud

Rampung sudah gelaran Olimpiade Geografi Internasional atau International Geography Olympiad (iGeo)2023. Indonesia sebagai tuan rumah di ajang iGeo ke-19 ini berhasil memboyong tiga medali perak dan satu medali perunggu.

Ajang olimpiade internasional yang dihelat di Kota Bandung, Jawa Barat, pada 8 hingga 14 Agustus itu diikuti 287 peserta dari 46 negara yang terdiri dari 177 pelajar, 89 ketua tim, serta 21 gugus pengamat dan anggota gugus tugas. Setiap negara mengirimkan empat siswa terbaiknya.

Untuk Indonesia sendiri diwakili oleh Fiona Zhang dari SMA Kristen Petro 1 Surabaya, Dimas Dwi Rachmat Susilo dari SMA Al-Kautsar Lampung, Fikri Ghifari Hanifah dari SMA Pribadi Bandung, dan Mikhaila Rainissa Nugroho dari SMA Negeri 3 Bogor.

Staf Ahli Menteri bidang Manajemen Talenta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek), Tatang Muttaqin, mengapresiasi kepada para pelajar yang telah berhasil meraih juara di ajang tersebut. Menurutnya, para peserta iGeo adalah perwujudan masa depan, di mana dedikasi, kreativitas, dan hasrat terhadap geografi telah membuatnya takjub.

"Selamat kepada para peserta dan juara International Geographical Olympiad 2023. Anda adalah pembuat perubahan, pemimpin masa depan yang akan membentuk dunia kita,” kata Tatang dikutip dari laman Kemendikburistek, Selasa (15/8).

Salah satu peraih medali perak dari Indonesia, Fiona, mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa berpartisipasi di ajang ternasional iGeo 2023. “Saya merasa sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi di iGeo kali ini, selamat kepada tim Indonesia yang telah berjuang dan memberikan hasil yang terbaik. Semoga ke depannya kita bisa dapat mempertahankan prestasi kita,” ujar Fiona.

Senada dengan Fiona, Fikri yang juga meraih perak, mengatakan untuk bisa berpartisipasi di ajang ini bukanlah hal yang mudah. Setiap harinya pelajar asal Bandung itu pun selalu menyempatkan diri untuk mengikuti pelatihan secara bertahap.

Indonesia raih empat medali di iGeo 2023. Foto: Dok. Kemendikbud
Indonesia raih empat medali di iGeo 2023. Foto: Dok. Kemendikbud

“Saya juga berdoa, beribadah, menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup dan berolahraga. Semangat untuk semua teman-teman, raih prestasi setinggi mungkin untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia,” tambah Fikri.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek sekaligus Chairman iGeo 2023, Hendarman, mengatakan iGeo bukan hanya menjadikan para peserta lebih mendalami pengetahuan tentang geografi, tetapi juga menumbuhkan semangat berkolaborasi, mengembangkan kemampuan berkomunikasi lintas budaya, kepemimpinan, dan toleransi.

“Dengan semangat ini, iGeo bukan hanya merayakan pencapaian akademik tetapi juga membentuk pribadi-pribadi yang sadar akan tanggung jawab global yang siap untuk berkontribusi dalam mencari solusi permasalahan dunia yang sangat kompleks dan saling terhubung,” tutur Hendarman.

iGeo 2023 yang dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, ini mengangkat tema “Creative City for Inclusive Urban Community". Tema ini mengajak para peserta untuk menggali potensi geografi dalam menciptakan kota yang inklusif, inovatif, dan berkesinambungan untuk seluruh warganya.

Selama tujuh hari pelaksanaan iGeo 2023, para peserta mengikuti beberapa jenis ujian, yaitu Written Response Test untuk menguji pengetahuan geografi secara utuh; Field Work Test untuk menguji kemampuan analisis di lapangan; dan Multimedia Test untuk menguji pengetahuan umum tentang geografi.

Pelaksanaan ujian dilaksanakan di lingkungan kampus Institut Teknologi Bandung dan Taman Hutan Raya Juanda, Bandung. Selain tes, seluruh delegasi juga melakukan ekskursi ke berbagai tujuan wisata yaitu Museum Geologi, Takuban Perahu, dan NuArt Sculpture Park. Di samping itu, para peserta juga disuguhkan pagelaran malam budaya dengan hiburan Saung Angklung Udjo dan permainan tradisional Terompah, Dagongan, Sumpitan, dan Balap Karung.

https://kumparan.com/millennial/tim-indonesia-sabet-4-medali-di-ajang-igeo-2023-20zhaFyQLq6

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations