TNI AL dan PLN UP3 Kotamobagu Gelar Pengibaran Bendera Merah Putih di Bawah Laut
Oleh Manado Bacirita
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sangtombolang, Kabupaten Bolmong, dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). (foto: istimewa)
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut Sangtombolang, Kabupaten Bolmong, dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8/2023). (foto: istimewa)

MANADO - TNI AL pos Labuan Uki bekerja sama dengan PLN UP3 Kotamobagu, bersama komunitas pecinta lingkungan BMR Forum Hijau, serta Basarnas Manado, menggelar kegiatan pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut, dalam rangka peringatan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8).

Bertempat di pantai Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow, para peserta pengibaran bendera ini juga melakukan kegiatan bersih pantai atau coastal clean up.

Dalam kegiatan bertema 'Laut Merdeka Sampah Plastik' ini, pengibaran bendera Merah Putih di bawah laut dilaksanakan oleh beberapa penyelam dari TNI AL, PLN dan juga BASARNAS Manado.

"Tak hanya membangkitkan semangat nasionalisme, pengibaran bendera di bawah laut ini juga menunjukkan betapa pentingnya menjaga alam laut yang kaya akan biodiversitas, sekaligus sebagai promosi wisata di Kabupaten Bolmong," kata Komandan Pos Angkatan Laut di Labuan Uki, Letda Laut (PM) Wijanarko.

Dia juga mengatakan untuk kegiatan bersih pantai, merupakan wujud nyata kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar.

"Semoga melalui aksi ini, kita bisa memberikan contoh positif kepada generasi muda tentang pentingnya menjaga kebersihan pantai," ujarnya kembali.

Sementara, Manajer PLN UP3 Kotamobagu, Anjar Widyatama, mengatakan jika kegiatan ini dilaksanakan dengan semangat gotong-royong guna meningkatkan kesadaran akan kebersihan lingkungan dan menghormati simbol-simbol nasional serta jiwa nasionalisme.

"Kita tidak hanya merayakan kemerdekaan saja, tetapi juga harus menyadari tanggung jawab kita terhadap lingkungan alam sekitar, terutama laut yang merupakan bagian integral dari kekayaan Indonesia," ungkap Anjar.

"Kegiatan ini juga tidak hanya memberikan pesan tentang pentingnya kebersihan pantai, tetapi juga mengingatkan masyarakat akan makna sebenarnya dari kemerdekaan, yakni semangat gotong-royong dan rasa cinta terhadap tanah air," katanya kembali.

Ditemui di tempat terpisah, General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo, memberikan komentar bagaimana pihaknya konsisten dan intensif dalam hal gerakan pelestarian lingkungan.

“Acara ini tentunya menjadi gerakan lanjutan yang luar biasa dari gerakan-gerakan yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Semoga dapat benar-benar memberi manfaat bagi lingkungan dan masyarakat,” tutur Dartomo.

manadobacirita

https://kumparan.com/manadobacirita/tni-al-dan-pln-up3-kotamobagu-gelar-pengibaran-bendera-merah-putih-di-bawah-laut-210gIkxlsDF

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations