Transaksi Kereta Cepat Whoosh Masih Dikuasai Bank China, Bank BJB Mau Ambil Alih
Bank BJB ingin menjadi bank transaksi Kereta Cepat Whoosh, yang saat ini masih dikuasai oleh bank asal China.
Kereta cepat Jakarta-Bandung, Whoosh. Foto: Ahmad Dwi Cahyadi/Shutterstock
Kereta cepat Jakarta-Bandung, Whoosh. Foto: Ahmad Dwi Cahyadi/Shutterstock

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) ingin mengambil alih transaksi Kereta Cepat Whoosh. Saat ini, seluruh aliran transaksi keuangan tersebut masih dikuasai oleh bank asal China, yakni Industrial and Commercial Bank of China (ICBC).

Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi, mengatakan tengah menjalin komunikasi dengan PT KCIC agar bisa menjadi bank yang mengelola transaksi secara penuh di Whoosh.

"Kami sudah kerja sama dengan Whoosh, karena ujungnya kalau untuk Bank BJB, kami ingin memang ingin jadi bank transaksi," ujar Yuddy usai media briefing Perbanas di Padalarang, Kamis (23/11).

Dia melanjutkan, saat ini Bank BJB mengakomodasi pembayaran tiket Whoosh melalui QRIS maupun kartu. Namun, aliran transaksinya berada di ICBC.

Direktur Utama bank BJB, Yuddy Renaldi dalam media briefing Perbanas di Padalarang, Kamis (23/11/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Direktur Utama bank BJB, Yuddy Renaldi dalam media briefing Perbanas di Padalarang, Kamis (23/11/2023). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Whoosh ini agak komplek, uangnya dikuasai oleh bank China ya, ICBC kalau enggak salah, jadi uangnya sepenuh kontrol ICBC, tapi transactional banking bisa kita lakukan, dan Bank BJB sudah ada di sana melalui QRIS maupun dengan beberapa transaksi sifatnya melalui kartu dan sebagainya, itu sudah kita lakukan," kata Direktur Utama Bank BJB, Yuddy Renaldi.

"Tapi uang pooling-nya itu di bank China, dan direktur keuangannya juga orang China, jadi kami sudah ketemu," lanjutnya.

Namun Yuddy mengakui, proses menuju bank transaksi tersebut tidak mudah. “Bahkan sebenarnya mereka membuka wacana, tapi prosedurnya memang mohon maaf agak panjang juga. Ujungnya bisa disetujui bisa enggak dengan mereka,” imbuh Yuddy.

Dengan dioperasikannya Whoosh, diharapkan akan meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Jawa Barat, khususnya di beberapa wilayah yang dilalui seperti Kabupaten Bandung Barat dan Kota Bandung.

https://kumparan.com/kumparanbisnis/transaksi-kereta-cepat-whoosh-masih-dikuasai-bank-china-bank-bjb-mau-ambil-alih-21dbJk4zyrO

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations