Tulisan Minal Aidin wal Faizin dalam Bahasa Arab dan Artinya
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/SR
Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/SR

Tulisan minal aidin wal faizin yang benar perlu diketahui oleh umat Islam. Ucapan ini sering diberikan ke sesama pada Hari Raya Idul Fitri. Selain tulisan yang benar, ketahui juga apa arti ucapan tersebut dalam bahasa Indonesia.

Memahami apa yang diucapkan sangat penting. Hal ini untuk mencegah mengucapkan sesuatu hal yang kurang tepat tanpa sengaja.

Tulisan Minal Aidin wal Faizin yang Benar

Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/Hasan Almasi
Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/Hasan Almasi

Dikutip dari Lentera Hati, Shihab (2007:404), dari segi bahasa, minal ‘aidin artinya adalah “(semoga kita) termasuk orang-orang yang kembali.” Kembali di sini maksudnya adalah kembali kepada fitrah, yaitu asal kejadian, kesucian, atau agama yang benar.

Kalimat tersebut biasanya diucapkan oleh umat Islam di Indonesia saat Idul Fitri, setelah selesai menunaikan ibadah puasa Ramadan. Berikut adalah tulisan minal aidin wal faizin dalam bahasa Arab dan artinya.

‏مِنَ الْعَائِدِيْن وَالْفَائِزِيْن

Bacaan Latin: Minal ‘aidiin wal faaiziin

Artinya: (Semoga kita semua) tergolong orang yang kembali (ke fitrah) dan menunai kemenangan (dengan meraih surga).

Ucapan Idul Fitri

Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/Rauf Alvi
Ilustrasi untuk Tulisan Minal Aidin wal Faizin. Sumber: Unsplash/Rauf Alvi

Idul Fitri adalah salah satu hari besar umat Islam yang dirayakan setelah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadan. Pada hari tersebut, para sahabat Rasulullah saw. memiliki tradisi mengucapkan selamat kepada umat Muslim yang telah berpuasa selama sebulan penuh.

Ucapan tersebut adalah “Taqabbalallaahi minnaa wa minkum” yang berarti “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan engkau.” Sebagian orang ada yang menambahkan ucapan tersebut dengan “Taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidiin wal faaiziin.”

Dengan demikian, ketika dirangkai maka berbunyi “Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa karrim, wa ja’alannaallahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.”

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantiasa dalam kebaikan."

Baca juga: Waktu Lebaran 2024 untuk Orang Muslim di Indonesia

Sekian pembahasan tentang tulisan minal aidin wal faizin dalam bahasa Arab dan artinya. Semoga bisa memberikan manfaat. (KRIS)

https://kumparan.com/berita-terkini/tulisan-minal-aidin-wal-faizin-dalam-bahasa-arab-dan-artinya-22M4l3YmGxj

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations