Turunkan Stunting, TP PKK Kalbar Ajak Para Ibu Jaga Pola Makan Bergizi
Oleh Hi Pontianak
TP PKK Kalbar Gelar Edukasi Gizi Pada Ibu Hamil, Ibu Bayi, dan Balita untuk Cegah Stunting di Posyandu Langsat. Foto: Dok. Pemprov Kalbar
TP PKK Kalbar Gelar Edukasi Gizi Pada Ibu Hamil, Ibu Bayi, dan Balita untuk Cegah Stunting di Posyandu Langsat. Foto: Dok. Pemprov Kalbar

Hi!Pontianak - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalimantan Barat mengajak para ibu menjaga pola makan bergizi untuk menurunkan stunting. Ajakan tersebut disampaikan Pj. Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari Harisson saat menghadiri Edukasi Gizi Pada Ibu Hamil, Ibu Bayi, dan Balita untuk Cegah Stunting di Posyandu Langsat, Kelurahan Sungai Beliung, Pontianak pada Sabtu 16 September 2023.

“Tadi juga sudah kita dapat ilmu baru bahwa yang paling utama dalam menjaga tumbuh kembang anak adalah menjaga pola gizi makan anak. Terutama dalam memberikan makanan dengan protein hewani tinggi, sebagai upaya penanggulangan stunting,” ujar Windy.

Windy juga mengingatkan setiap orang tua, khususnya para ibu untuk aktif menjaga pola gizi, baik saat masa 1000 hari pertama kehidupan (dalam kandungan), hingga anak-anak berstatus baduta (bayi dua tahun).

Menurutnya, kegiatan edukasi kepada masyarakat untuk menjaga pola gizi agar terhindar dar stunting tersebut merupakan bentuk sinergisitas antara TP PKK dengan sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Kalbar, serta sejumlah unsur terkait lainnya.

“Dalam hal ini kita bersinergi dengan beberapa OPD terkait, di antaranya Dinas Kesehatan (Provinsi Kalbar), Dinas Pemberdayaan Perempuan (Provinsi Kalbar). Kemudian kita juga melibatkan pihak lain, seperti PLN, serta jajaran TP PKK Kota Pontianak, sampai TP PKK tingkat kelurahan, hingga kader posyandu,” tambahnya.

Sementara itu, Pj. Gubernur Kalbar, dr. Harisson, M.Kes turut mendukung agar kegiatan seperi ini agar terus dilangsungkan dengan harapan agar setiap ibu hamil, ibu menyusui, balita (bayi lima tahun), hingga baduta benar benar mendapatkan edukasi dengan baik. Terutama mengenai bagaimana setiap ibu memberikan gizi untuk keluarga.

“Sehingga secara tak langsung, hal ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu sarana dan upaya dalam melakukan pencegahan stunting. Mengobati stunting itu sulit, jadi yang benar itu mencegah. Ibu yang sedang hamil harus kita edukasi untuk menjaga gizi agar tidak anemia, sehingga nanti ketika masuk waktu melahirkan, anak bisa lahir dalam keadaan sehat,” ungkap Harisson.

Harisson memastikan Stunting akan menjadi atensi Pemprov Kalbar, beserta Pemda di 14 kabupaten dan kota untuk benar-benar mengejar pengentasan stunting.

“Tentu kita masih berusaha untuk mengejar target nasional, yakni 14 persen di tahun 2024 mendatang. Dan saya rasa kolaborasi merupakan poin utama dalam penanggulangan ini (stunting),” ujarnya.

https://kumparan.com/hipontianak/turunkan-stunting-tp-pkk-kalbar-ajak-para-ibu-jaga-pola-makan-bergizi-21Cj5DqVoBO

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations