Upacara Bendera Termasuk Sila Ke? Ini Sederet Contoh Penerapan Pancasila
Oleh Berita Terkini
Ilustrasi Upacara Bendera. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Upacara Bendera. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun

Upacara bendera termasuk sila ketiga dalam penerapan nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari. Hal ini karena kegiatan upacara bendera dinilai dapat meningkatkan rasa nasionalisme yang ada dalam diri masyarakat Indonesia.

Selain kegiatan upacara bendera, terdapat berbagai contoh kegiatan yang dapat dilakukan untuk mewujudkan penerapan nilai Pancasila dalam kehidupan.

Upacara Bendera Termasuk Sila Ketiga dalam Penerapan Nilai Pancasila

Ilustrasi Upacara Bendera. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Upacara Bendera. Foto: dok. Unsplash/Mufid Majnun

Mengutip buku Pendidikan Kewarganegaraan: Kecakapan Berbangsa dan Bernegara, Aa Nurdiaman (2007:15), berdasarkan fungsi Pancasila sebagai dasar negara, segala tindak tanduk atau perbuatan semua warga negara harus mencerminkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Hal tersebut berlaku karena Pancasila merupakan sumber nilai yang menuntun sikap, perilaku atau perbuatan Warga Negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Oleh sebab itu, Pancasila yang terdiri dari lima sila tentu perlu diamalkan dan diterapkan dalam kehidupan. Ada banyak sekali contoh penerapan Pancasila dalam kehidupan, salah satunya mengikuti upacara bendera.

Mengutip buku Sosiologi SMA/MA Kelas XII, Puline Pudjiastiti (2007: 9), upacara bendera diselenggarakan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan juga memupuk rasa cinta tanah air. Melalui upacara bendera, masyarakat dapat mengerti dan menghayati bagaimana perjuangan para pahlawan dalam berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

Sebagai bentuk upaya membangkitkan nasionalisme dalam diri masyarakat, upacara bendera dapat dikatakan sebagai bentuk dari pelaksanaan sila ketiga dalam Pancasila yang berbunyi “Persatuan Indonesia” yang dilambangkan dengan pohon beringin.

Selain mengikuti kegiatan upacara bendera, terdapat beberapa cara penerapan Pancasila dalam kehidupan, khususnya sila ketiga. Sesuai dengan bunyi Pancasila sila ketiga, berarti Indonesia sebagai negara mampu menaungi segala perbedaan yang ada di Indonesia. Dengan begitu, penerapan nilai Pancasila sila ketiga dapat dilakukan dengan cara:

  1. Saling menghormati antar sesama manusia tanpa memandang latar belakang agama maupun pekerjaan.

  2. Saling tolong menolong dengan orang yang membutuhkan.

  3. Mau bergotong royong dalam menjaga keamanan dan ketertiban di area tempat tinggal.

  4. Menghormati jika timbul perbedaan pendapat dan pandangan dalam rapat.

  5. Mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan dengan kepentingan pribadi

  6. Selalu menjaga kerukunan dengan teman, kerabat, dan tetangga.

Baca juga: 5 Contoh Penerapan Pancasila pada Masa Orde Baru

Pembahasan tentang upacara bendera termasuk sila ketiga dalam penerapan nilai Pancasila menjadi pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Contoh penerapan nilai Pancasila sila ketiga dapat dijadikan panduan bersikap dan berlaku dalam keseharian. (DAP)

https://kumparan.com/berita-terkini/upacara-bendera-termasuk-sila-ke-ini-sederet-contoh-penerapan-pancasila-20ueibxdxVH

What's your reaction?

Comments

https://www.hitabatak.com/assets/images/user-avatar-s.jpg

0 comment

Write the first comment for this!

Facebook Conversations